BANDUNG, FOKUSJabar.id: Selama bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, aktifitas komunikasi masyarakat menggunakan layanan seluler termasuk layanan data di rumah diperkirakan akan terus meningkat seiring imbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pun terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia.
Penguatan jaringan data ini menjadi komitmen XL Axiata untuk mendukung kenyamanan masyarakat melakukan aktifitas bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Dengan demikian, masyarakat diharapkan tetap tinggal dan beraktifitas di rumah dengan kesiapan jaringan.
Selain memperkuat jaringan data, XL Axiata pun menyiapkan berbagai paket layanan yang menarik selama Ramadan dan Lebaran di rumah melalui program #DiRumahLebihBaik dan #TerusSebarKebaikan.
“Ini demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Ramadan dan sekaligus tetap diam di rumah terkait Covid-19. Selain meningkatkan kapasitas jaringan data hingga 2x lipat, kami pun menawarkan sejumlah paket spesial selama Ramadan hingga Lebaran nanti. Baik untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar, termasuk juga XL Home,” ujar Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata, Dian Siswarini, Rabu (22/4/2020).
BACA JUGA: Dua Pasien Positif Covid-19 Kota Banjar, Asal Hegarsari
Pada prinsipnya, lanjut Dian, pihaknya akan terus ikut mendukung upaya untuk membuat pelanggan betah di rumah selama Ramadan. Baik untuk beraktivitas produktif maupun beribadah.
“Itu semua bisa terlaksana dengan baik jika jaringan yang menopang program Ramadan juga memadai,” tambahnya.
Dian menambahkan, saat ini beberapa area mengalami peningkatan trafik data yang relatif merata. Seperti regional Sumatera sekitar 15,9 persen, regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8 persen, regional Central meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Kalimantan 15,5 persen, serta regional East meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya 15,8 persen.
Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66 persen, Instant Messaging 16 persen, Social Network 11,5 persen, dan lain-lain sekitar 6,5 persen. Secara keseluruhan, selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18 persen dari kondisi normal.
Sedangkan untuk layanan XL Home, peningkatan trafik sekitar 20 persen dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan/residensial.
XL Axiata pun memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan diberbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19. Termasuk di area pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lain untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.
“Beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadan diantaranya pelanggan XL prabayar melalui fitur Xtra Unlimited TURBO yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan. Fitur bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75 persen,” terangnya.
Bagi pelanggan non XL yang ingin mencoba membeli Kartu Perdana XL yg sudah dilengkapi dengan fitur Xtra Unlimited TURBO melalui website www.xl.co.id, saat ini sedang berlaku promo gratis ongkir yang didukung Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com. Selain itu, tersedia juga paket Xtra Kuota Ramadan terdiri dari Paket Sahur pukul 03.00-05.00 WIB mulai dari Rp2.500 dan Paket Ngabuburit pukul 15.00–17.00 WIB mulai dari Rp3.500, hanya di aplikasi MyXL.
“Bagi pelanggan AXIS, tersedia Paket Warnet 1GB 1 Jam cuma Rp490, Paket Sahur 2GB 7 hari cuma Rp5.500 yang dapat digunakan pada jam 00.00-05.59 WIB dan Paket Bedug 7 hari cuma Rp5.500 yang dapat digunakan pada jam 17.00-19.59 WIB. Pelanggan bisa melakukan metode Pembayaran OVO dan hanya berlaku untuk pembelian paket di aplikasi AXISnet, juga bisa melakukan donasi untuk Covid-19 melalui UMB *123*6116# dan SMS,” tegasnya.
Plt Chief Techology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, XL Axiata telah menyalurkan dalam bentuk dana sebesar Rp10 milyar melalui BNPB. Selanjutnya, dari Rp10 milyar tersebut sudah disalurkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebesar Rp5 milyar dan PMI sebesar Rp5 milyar, serta Rp800 juta dalam bentuk APD yang disalurkan ke berbagai rumah sakit penanganan Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya. Saat ini, XL Axiata membuka layanan SMS Donasi dengan cara menghubungi *123*6116# pilih XLBerbagi_COVID-19 dan masukan nominal pulsa yang ingin didonasikan mulai dari Rp1.000 hingga Rp200 ribu. Hasil pengumpulan donasi pulsa pelanggan, akan disalurkan untuk membantu tenaga medis Indonesia.
“Selama Ramadan dan lebaran, kami memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan dibandingkan hari-hari biasa (normal). Untuk layanan data perkiraan akan meningkat sekitar 15 persen sampai 20 persen. Sedangkan untuk layanan percakapan sekitar 5 persen dan untuk layanan SMS trafiknya relative stabil. Berdasarkan data trafik lebaran tahun sebelumnya, umumnya kenaikan trafik akan terjadi di kota-kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Lombok,” pungkasnya.
(Ageng)