spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Gandeng Santri, Emil akan Tanam 50 Juta Pohon di lahan Kritis

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gandeng santri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mulai menanam pohon. Penanaman 50 juta bibit pohon itu akan ditanam di seluruh lahan kritis di wilayah Jabar pada Maret 2020.

    Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah banjir dan longsor.

    Emil mengatakan bahwa penanaman tersebut akan melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk para santri.

    “Kita akan mulai menanami lahan-lahan kritis di Jabar bulan Maret. Mohon bantu juga oleh para santri,” kata Emil di hadapan 2.000 santri Persis se-Jabar dalam acara ‘Santri Camp 2020’ di Perkemahan Rancaupas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/2/20).

    Emil mengatakan, ada kurang lebih 1.500 kejadian bencana alam di Jabar setiap tahunnya. Menurut dia, wilayah Jabar bagian tengah ke utara memiliki potensi bencana banjir dan tengah ke selatan memiliki potensi longsor.

    Dia mengapresiasi PW Persis Jabar yang telah membentuk tim santri penanganan bencana. Hal itu sejalan dengan program Pemrpov Jabar yang akan membentuk Santri Siaga Bencana.

    Adapun potensi santri PW Persis Jabar yang akan dilibatkan dalam penanaman 50 juta bibit pohon ini berjumlah 100 ribu orang dari 650 pesantren Persis se-Jabar.

    “Santri dari Persis Jabar saja jumlahnya banyak, belum ditambah santri dari yang lainnya, saya kira penanaman nanti akan berjalan lancar,” kata Emil.

    Dalam kesempatan itu, Emil menyerahkan hibah tanah seluas 4,4 hektar di Soreang. Tanah itu dihibahkan untuk mendirikan universitas Persis.

    “Nanti saya bantu juga gambarnya,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img