spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pulang dari Australia, Emil Tinjau Daerah Banjir di Subang

    SUBANG, FOKUSJabar.id: Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil) meninjau langsung lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Kamis (27/2/2020).

    Pulang dari Australia, Emil langsung terjun ke daerah banjir yang terjadi di kampung Kedunggede, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan. 

    Banjir disebabkan akibat tanggul Sungai Cipunagara jebol tak kuat menahan arus air, Rabu (26/2/2020) malam lalu.

    Alhasil, ratusan rumah terendam dan sebagian warga diungsikan ke kantor Kecamatan Pamanukan sebagai posko darurat yang didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang dan Provinsi Jabar.

    Dalam pantauan, Emil bersama Bupati Subang Ruhimat langsung turun ke lokasi banjir tanpa bantuan perahu karet. 

    Beberapa kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir tidak luput dari pantauan Emil.

    Dalam kesempatan yang sama, Emil pun melihat jalan putus dan tanggul yang jebol di kawasan tersebut.

    Emil mengatakan bahwa Bupati Subang sudah melakukan langkah preventif dengan pembangunan peningkatan tanggul Cipunagara. Namun volume air terus meningkat sehingga tidak bisa menahan debet air.

    “Pak Bupati juga sudah melakukan normalisasi sungai. Tapi volume air yang sangat tinggi,” kata Emil.

    Emil mengatakan, pihaknya akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp750 Juta untuk tanggap darurat. Bukan hanya untuk Kecamatan Subang saja namun beberapa titik banjir lainnya.

    “Kami juga akan segera merumuskan untuk tanggap daruratnya seperti apa. Yang jelas anggaran segara kita berikan kepada Pak Bupati,” kata Emil.

    Menurut Emil, dalam Minggu ini Kabupaten Karawang dan Kabupaten/Kota Bekasi juga terkena banjir. Dia perintahkan Wakil Gubernur (Wagub), Uu Ruzhanul Ulum untuk meninjau banjir di Bekasi.

    “Saya memilih Subang karena belum pernah meninjau ke sini,” tutur dia.

    Dari informasi yang dihimpun, banjir di Kabupaten Subang merendam delapan kecamatan. Dua desa di Kecamatan Pamanukan terdampak paling parah akibat banjir.

    (AS/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img