spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Warga Korban Gempa Ciamis 2017 Pertanyakan Bantuan Rehabilitasi dan Renovasi

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Ratusan massa yang tergabung dalam Komunitas Korban Gempa 2017 Ciamis menggelar aksi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis, Selasa (25/2/2020).

    Massa meminta DPRD beserta Pemerintah Kabupaten Ciamis segera merealisasi anggaran renovasi rumah rusak akibat gempa di Ciamis pada 2017 silam.

    “Kami merasa kecewa, geram lah. Kenapa sampai saat ini bantuan untuk rehabilitasi dan renovasi rumah korban gempa tidak kunjung datang,” ujar Koordinator Aksi, Yanto di sela-sela aksi.

    Dia mengungkapkan, jumlah korban gempa terparah ada di Kecamatan Pamarican. Rumah yang yang mengalami rusak parah sebanyak 312 unit, rusak sedang sekitar 1.413 unit, dan 3.999 rumah rusak ringan.

    “Harapannya, harus dibantu semuanya. Dari yang rusak ringan sampai rusak parah,” ujarnya.

    Menurutnya, anggaran yang sudah pernah dihitung pemerintah untuk memperbaiki rumah korban gempa mencapai Rp29 milyar.

    Sebelumnya, dirinya bersama puluhan korban lain sudah menggelar audiensi bersama Pemerintah Kabupaten Ciamis. Pihaknya pun sempat ke Jakarta untuk konfirmasi terkait dana bantuan gempa Ciamis tahun 2017 ke Pemerintah Pusat.

    “Kami menyayangkan sekali, karena tidak ada anggaran untuk kami sebagai korban. Padahal pada waktu itu pernah dijanjikan akan diberi bantuan renovasi rumah korban,” ucapnya.

    Massa aksi diterima Ketua Komis D DPRD Ciamis, Syarif Sutiarsa, Kepala BPBD Ciamis Soekiman, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis.

    (Ibenk/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img