spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Emil Apresiasi Uu Terima Anies di Ponpes Miftahul Huda

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mendapat pujian dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil pasca menerima Gubernur DKI Jakarta Anied Baswedan di pondok pesantren (Ponpes) Miftahul Huda kabupaten Tasikmalaya.

    Kunjungan Anies ke ponpes milik keluarga Uu tersebut sempat menimbulkan pendapat miring dari sejumlah pihak yang menganggap kunjungan kampaye.

    Emil (panggilan Ridwan Kamil) mengapresiasi sambutan positif keluarga besar Ponpes Miftahul Huda yang menerima kedatangan Anies. Emil mengaku, tidak keberatan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum turut serta mendampingi dalam kunjungan tersebut.

    “Saya kira begini, Pak Uu itu latar belakangnya santri di Miftahul Huda dan keluarganya. Jadi kalau ada tamu, ya wajar menyambut sebagai tuan rumah,” kata Emil di Bandung, Jumat (7/2/2020).

    Emil menjelaskan, kapasitas Uu sebagai keluarga besar dari Miftahul Huda dan tidak perlu ditafsirkan dalam kapasitas lain-lain terutama urusan politik. Siapa saja yang bersilaturahmi, lanjutnya, harus diterima karena memang syariat siapa yang bertamu harus dihormarti.

    “Jadi kalau saya pun melakukan hal yang sama ke tempat lain juga harapannya disambut dengan baik,” ucapnya.

    Emil menambahkan, kunjungan Anies tidak perlu dihubung-hubungkan dengan politik terutama agenda Pilpres 2024 karena momentumnya masih jauh. Emil menilai, politik Pilpres di Indonesia selalu memberi kejutan di akhir. Kata Emil, politik itu adalah menjalin komunikasi dengan siapapun hingga nanti proses dan hasil selalu ada kejutan.

    “Kalau kita lihat di 2019, siapa yang menduga Pak Ma’ruf Amin dicalonkan atau Pak Sandiaga Uno. Ini menunjukan politik itu bukan matematika tidak bisa dihitung jauh-jauh hari. Tapi kalau komunikasi itu harus dibangun saya kira itu baik,” tutur dia.

    Sebelumnya diberitakan, Uu membenarkan terkait kunjungan Anies ke Ponpes keluarganya di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jabar. Terlebih tersebar foto pertemuan antara Uu, Anies dan pimpinan ponpes Miftahul Huda KH Aziz Affandi yang juga paman Uu.

    “Kami tidak mengundang, beliau yang (datang) ke pesantren kami. Kemudian saya disuruh mamang [Paman] untuk mendampingi beliau (Anies). (KH Aziz Affandi) Mang Haji itu Dewan Pimpinan Ponpes Miftahul Huda,” kata UU di Bandung, Kamis (6/2/2020) lalu.

    (As /ars)

    Berita Terbaru

    spot_img