spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Komisi VIII DPR RI Dukung BIJB Kertajati Jadi Embarkasi Haji Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Komisi VIII DPR RI mendukung penuh Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi Embarkasi Haji pada musim haji tahun 2020. Hal ini diungkapkan Tim Kerja Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq saat kunjungan ke BIJB Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (2/2/2020).

    “Kami mendukung penuh Bandara Kertajati menjadi Embarkasi Haji,” kata Maman.

    Maman mengatakan, dengan diaktifkannya BIJB akan mempermudah akses bagi jemaah haji di Jawa Barat. Terutama Cirebon Raya dan sekitarnya.

    “Tidak hanya Jabar, daerah terdekat Jawa Tengah pun rencananya akan diberangkatkan disini,” tambahnya.

    Ketua Komisi VIII DPR RI Mukhlas Siddiq berjanji akan melibatkan Pemerintah Daerah setempat dalam pembangunan Bandara Kertajati serta membantu perekonomian masyarakat sekitar. Hal ini menanggapi pernyataan Wakil Bupati Majalengka yang mengatakan pihaknya tidak pernah dilibatkan pemerintah pusat dalam pembangunan Bandara Kertajati.

    “Kami akan terus melibatkan Pemda, kami akan mendukung pembangunan seperti rumah sakit dan hotel di daerah Bandara Kertajati ini,” kata Mukhlas.

    Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D. Mardiana berharap dengan dibangunnya BIJB Kertajati, Pemerintah Pusat bersama dengan DPR RI dapat membangkitkan pembangunan dan perekonomian di Kabupaten Majalengka.

    “Kami mengharapkan dorongan dan dukungan dari semua di DPR RI Komisi VIII, dengan adanya bandara ini pemerintah daerah berharap besar bandara ini betul-betul bisa membangkitkan pembangunan di Kabupaten Majalengka,” terang Tarsono.

    Kepala Biro Pelayanan Bantuan Sosial Ida Wahida Hidayati memohon doa demi kelancaran Bandara Kertajati sebagai bandara keberangkatan jemaah haji asal Jawa Barat.

    “Mohon dukungan dari Komisi VIII untuk kelancaran Bandara Kertajati menjadi embarkasi haji keberangkatan jemaah haji Jawa Barat,” ujar Ida.

    Kunjungan dilanjutkan dengan survei kebeberapa tempat di bandara. Antara lain gerbang imigrasi internasional, garbarata, ruang tunggu internasional, runway, serta kedatangan internasional.

    Turut hadir mendampingi Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhajirin Yanis, Kasubdit Transportasi Udara dan Perlindungan Jemaah Nurchalis, Kasi Penyiapan Transportasi Udara Edayanti serta Kasi Pelayanan Transportasi Udara Cecep Nursyamsi.

    (Asep/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img