spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Soal DOB Kabupaten Limbangan, Bupati Garut: Secara Politik Saya Setuju

    GARUT,FOKUSJabar.id: Bahas masalah Pemekaran Wilayah, Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra) bertemu Bupati Garut, Jawa Barat, Rudy Gunawan di Ruang Kantor Bupati, Senin (27/1/2020) kemarin.

    Pada pertemuan tersebut, Rudy Gunawan mengapresiasi pemekaran wilayah Gatra. Aspirasinya itu sendiri sudah diusulkan ke DPRD Garut sejak tahun 2012 lalu.

    “Sejalan dengan kebijakan Pak Gubernur, Ridwan Kamil (Emil), Kami sepakat untuk melakukan langkah-langkah secara konstitusional dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang persiapan DOB Kabupaten Limbangan,” kata Rudy.

    Baca Juga: HUT RI Ke-75, Pemerintah Gelar Lomba Video Hingga Podcast

    Selanjutnya akan diproses dengan DPRD. Dengan begitu, nanti dalam penyusunan Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2021, Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Limbangan dijadikan Perda.

    “Tidak akan menganggu persiapan DOB Garut Selatan. Proses itu akan dimulai dengan kajian-kajian. Secara politik, saya selaku Bupati memberikan persetujuan membentuk Kabupaten Limbangan,” tegasnya.

    Ketua PM Gatra yang juga Ketua Komite Percepatan Pembentukan (KPP) DOB Kabupaten Limbangan, Holil Aksan Umar Zein menjelaskan, aspirasi tersebut sesuai dengan sejarah awal berdirinya Kabupaten Garut yang berangkat dari Limbangan.

    “Aspirasi ini sudah kami sampaikan 12 tahun yang lalu ke DPRD Garut. Sebanyak 11 Kecamatan diajukan sebagai bagian dari Kabupaten Limbangan,” papar Holil, Selasa (28/1/2020).

    Senada disampaikan Sekum KPP DOB Limbangan, Taufik Hidayat. Dia menyebut, usungan aspirasi ini bukan hal baru karena sudah diajukan 12 tahun lalu. Karena itu, sudah saatnya dibahas di dalam Prolegda.

    “Bentuk Panitia Khusus (Pansus) atau Feasibility Studi (FS) dan di Perda-kan sebagai tiket pengajuan DOB oleh Gubernur kepada Mendagri,” ucap Taufik.

    Sementara Wasekum KPP DOB Limbangan, Aep Saepudin meminta Bupati dan DPRD Garut memperlakukan hal yang sama seperti yang telah dilakukan kepada DOB Garut Selatan (Garsel).

    Terlebih, jumlah penduduk Gatra sangat banyak, mempunyai Jalan Lintas Provinsi dan merupakan pintu gerbangnya Jawa Barat.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img