spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Kukuhkan Tim Pencak Silat PON XX Jabar, IPSI Jabar Bertekad Tuntaskan Target

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat telah mengukuhkan secara resmi tim Pencak Silat Jabar yang dipersiapkan untuk PON XX tahun 2020 pada Sabtu (25/1/2020) kemarin. Pengukuhan menjadi tahap pertama pelaksanaan pelatihan daerah (Pelatda) cabang olahraga pencak silat untuk mencapai target yang sudah ditetapkan di PON XX.

    Ketua Umum Pengprov IPSI Jawa Barat, Phinera Wijaya menuturkan, dengan pelaksanaan pengukuhan membuktikan jika pencak silat Jabar siap mengejar target di PON XX. Pengukuhan pun diharapkan menjadikan atlet semakin termotivasi, semangat dan fokus dalam menjalani setiap tahapan di Pelatda PON XX Jabar.

    “Untuk target, kita akan berkaca dari hasil babak kualifikasi di Jakarta dimana Jabar berhasil mendominasi dengan meloloskan 17 kelas dari total 19 kelas pertandingan. Termasuk dua nomor yang mendapatkan wildcard karena lolos otomatis sebagai atlet pelatnas asal Jabar,” ujar Phinera, Senin (27/1/2020).

    Dari 17 kelas pertandingan tersebut, lanjutnya, Jabar diharapkan bisa meraih sepertiganya atau enam medali emas yang diperebutkan di PON XX cabang olahraga pencak silat. Namun dengan dominasi di babak kualifikasi, tidak lantas membuat para atlet, pelatih maupun pengurus berleha-leha dan tidak mawas diri.

    “Karena itu, dengan pengukuhan ini bisa membuat semua komponen tidak lengah dan terus mempersiapkan dengan semaksimal mungkin. Semua komponen, mulai atlet, pelatih, ofisial, hingga pengurus harus solid untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi yang sudah diraih sebelumnya,” tegasnya.

    Tim pencak silat Jabar merupakan peraih gelar juara umum cabang pencak silat PON XIX/2016 dengan raihan 7 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu. Pada PON XX/2020 di Papua, KONI Jabar meminta IPSI Jabar untuk bisa meraih minimal enam medali emas.

    “Insyaallah, kita upayakan untuk bisa memnuhi target 6 medali emas. Atlet kita sudah membuktikan kualitas mereka di berbagai level kejuaraan, termasuk para pelatih juga di level yang sama. Yang terpenting, jangan sampai lengah, terlena, dan jangan jemawa,” pungkasnya.

    Tim pelatda PON XX pencak silat Jawa Barat sudah menjalani sentralisasi latihan di Padepokan Pencak silat IPSI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, sejak pakn lalu. Tim pencak silat Jabar dihuni 13 atlet putra dan 7 atlet putri yang didampingi 10 pelatih.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img