spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Menteri PUPR Terima Gelar Honoris Causa dari ITB

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basuki Hadimuljono menerima penghargaan Honoris Causa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) bertempat di Kampus ITB, Jalan Ganesa No10 Bandung, Kamis (16/1/2020).

    Penghargaan Doktor Kehormatan tersebut dalam bidang pengembangan, pembangunan dan pengelolaan infrastruktur. Khususnya dalam bidang Sumber Daya Air dan infrastruktur tahan gempa.

    Gelar tersebut diberikan langsung Rektor ITB, Kadarsah Suryadi pada Sidang Terbuka ITB.

    Ketua Tim Promotor, Indratmo Soekarno mengatakan, pemberian gelar tersebut sebagai penghargaan dan penghormatan kepada seseorang yang telah terbukti memberikan sumbangan nyata dengan dampak luar biasa dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bagi perkembangan kebudayaan bangsa dan kemanusiaan.

    ” Dengan pemberian gelar Doktor Kehormatan ini, ITB berharap dapat mendorong masyarakat dan bangsa Indonesia untuk berprestasi dan memberikan sumbangsih bagi pengembangan iptek, seni, atau kemanusiaan,” kata Indratmo.

    Menurutnya, Basuki Hadimuljono memiliki peranan sangat penting dalam bidang infrastruktur sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa. Bahkan, dia telah berhasil menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur yang sangat kompleks didalam pelaksanaannya.

    ” Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja serta meningkatkan daya saing bangsa,” ungkapnya.

    Tidak hanya itu, dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi, Basuki telah membangun berbagai infrastruktur di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Termasuk beberapa infrastruktur yang telah dibangun di kampus ITB Jatinangor.

    Selain itu, Basuki juga telah menerima beberapa tanda penghargaan dan pengakuan. Diantaranya dari ITB, yaitu Ganesha Praja Manggala Bakti Adiutama ITB Tahun 2017.

    Berdasarkan prestasi serta kontribusinya dalam bidang pembangunan, pengembangan dan pengelolaan infrastruktur di Indonesia, khususnya infrastruktur dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa, Tim Promotor meyakini bahwa Basuki Hadimuljono telah menghasilkan karya nyata yang hasilnya telah dirasakan dalam peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia.

    ” Oleh karena itu, Tim Promotor berkesimpulan dan berkeyakinan bahwa Pak Mochamad Basuki  telah memenuhi ketentuan Senat Akademik ITB untuk menerima penghargaan gelar Doktor Kehormatan,” ujarnya. 

    Rektor ITB, Kadarsah Suryadi mengatakan, penganugerahan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan 100 tahun ITB sebagai institusi Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia.

    Basuki Hadimuljono adalah abdi negara yang sangat berdedikasi dan pekerja keras di Departemen Pekerjaan Umum dan sebagai seorang birokrat yang sangat handal, tangguh dan menunjukkan kepeloporannya. Saat ini, Basuki menjabat sebagai Menteri PUPR.

    ITB juga berterima kasih karena Kementerian PUPR telah banyak melakukan kerja sama dengan ITB. Baik berupa bantuan prasarana pendidikan, menyediakan tempat kerja praktik bagi mahasiswa, maupun melibatkan civitas akademika dalam berbagai kegiatan yang menyangkut kepakaran di ITB.

    ” Saya berharap, penganugerahan gelar Doktor Kehormatan ini dapat dijadikan contoh untuk generasi penerus agar menjadi pekerja yang profesional, birokrat yang ulet dan berdedikasi tinggi, maupun sebagai organisator yang tangguh sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan bangsa,” pungkas Kadarsah.

    (Asep/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img