spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Hingga Maret

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim penyebab hujan deras berpotensi berlangsung hingga Maret. Hujan dengan intensitas tinggi juga akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia, mulai dari DKI Jakarta hingga Papua.

    “Pesan saya bahwa secara alamiah, wilayah kita memang dilimpahi curah hujan tinggi dari Desember-Maret, sehingga kita harus selalu waspada,” kata Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala, kutip CNNIndonesia.com, Kamis (2/1/2020).

    Sementara Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono, salah satu penyebab cuaca ekstrem adalah aktifnya Monsun Asia. Angin muson barat ini berasal dari daratan Asia membawa massa udara basah yang memengaruhi musim hujan di Indonesia.

    Baca Juga: DMI Kabupaten Ciamis Tolak Aturan Ganjil Genap Salat Jumat

    Monsun ini juga memengaruhi pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah. Pasokan uap air juga didukung oleh suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat.

    Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalanan yang licin.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img