spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Persaingan Peparnas XVI Lebih Berat, NPCI Jabar Siap Pertahankan Juara Umum

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) Jabar mengaku jika persaingan menuju tangga juara umum pada gelaran Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tauun 2020 di Papua. Target untuk mempertahankan gelar juara umum bagi Jabar pun dipastikan akan lebih berat.

    Ketua Umum NPCI Jabar, Supriyatna Gumilar menuturkan, beberapa peraturan baru diterapkan di ajang Peparnas XVI/2020. Salah satunya ketentuan nomor pertandingan bagi atlet dengan level internasional.

    “Jadi atlet disabilitas dengan level internasional atau yang menghuni pelatnas NPCI hanya diperbolehkan bertanding di satu nomor saja. Jabar sendiri memiliki 58 atlet di pelatnas,” ujar Supriyatna saat pengukuhan kontingen Pelatda Peparnas XVI/2020 – Jabar di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (18/12/2019).

    Dengan kondisi tersebut, Supriyatna mengakui jika persaingan di ajang multeven olahraga nasional bagi atlet disabilitas ini akan lebih berat. Apalagi Jabar menyandang titel sebagai juara umum Peparnas XV tahun 2016 lalu.

    “Saat tahun 2016 di ajang Peparnas XV, Jabar berhasil menjadi juara umum sebagai tuan rumah. Tapi untuk Peparnas XV, kita akan lebih sulit mempertahankan gelar yang sudah diraih tapi akan lebih bangga jika kita mampu meraih gelar juara umum di daerah lain,” terangnya.

    Meski demikian, target mempertahankan juara umum di Peparnas XVI pada tahun 2020 menjadi incaran NPCI Jabar di Bumi Cendrawasih. Beberapa strategi pun sudah dirancang NPCI Jabar untuk memuluskan target juara umum Peparnas XVI/2020.

    “Dari rencana total kontingem sebanyak 350 orang, 200 orang diantaranya merupakan atlet non pelatnas yang terus kita godog sehingga bisa mengikuti lebih dari dua nomor pertandingan. Kita pun berencana akan mulai melakukan sentralisasi Pelatda Peparnas XVI Jabar pada Januari 2020 ditambah 58 atlet Jabar yang berada di pelatnas,” tegasnya.

    Peparnas XVI akan digelar di Papua pada November 2020. Sebanyak 14 cabang olahraga akan dipertandingkan di Peparnas XVI, termasuk dia cabang olahraga baru yakni menembak dan boccia.

    Kontingen Peparnas XVI Jabar dikukuhkan secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Engkus Sutisna mewakili Gubernur Jabar, M. Ridwan Kamil. Dalam sambutannya, Kadispora berharap NPCI Jabar bisa mempertahankan gelar juara umum di Peparnas XVI/2020.

    “Sebelumnya, Jabar sudah mampu mencetak hattrick juara umum di ajang Popnas, Pospenas, dan Pornas Korpri. Sehingga kita berharap di ajang Peparnas XVI pun Jabar jadi juara umum,” pungkas Kadispora.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img