spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    PDAM Tirta Sukapura Ganti Pipa, Puluhan Ribu Pelanggan Akan Terdampak

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Untuk mengoptimalkan layanan air bersih ke masyarakat khususnya para pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura Tasikmalaya akan melakukan pergantian sekaligus pemasangan tipe terbaru pipa distribusi utama.

    Pekerjaan pemasangan penyambungan pipa tersebut akan dilakukan Selasa (10/12/19) malam sekitar pukul 22.30 WIB di Jalan SL. Tobing Kota Tasikmalaya dan akan tersambung hingga ke wilayah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

    Direktur Utama PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya, Wawan Darmawan mengatakan, pipa yang akan dipasang untuk mengganti pipa jenis lain yang sudah cukup lama terpasang.

    “Kita akan ganti pipa transmisi jenis ACP ND 500 mm yang sudah terpasang puluhan tahun dengan pipa terbaru type HDPE ND 500. Pipa terbaru ini kapasitasnya lebih besar untuk mendistribusikan air ke seluruh pelanggan, baik di wilayah Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap Wawan Hermawan, Senin (9/12/2019).

    Pipa yang akan diganti, lanjut Wawan, sebelumnya pernah pecah akibat terbentur dengan benda keras saat ada penggalian jalan.

    “Meski sudah diperbaiki, namun sudah tidak maksimal lagi fungsinya sehingga harus diganti dengan pipa yang baru agar distribusi air bersih PDAM lebih maksimal,” tambahnya.

    Proses pengerjaan pemasangan pipa baru type HDPE ND 500 hingga penyaluran air kembali normal diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 8 (delapan) hari sejak pemasangan.

    “Jadi mulai Selasa besok sekitar pukul 22.00 WIB, dilakukan penutupan total aliran air dari PDAM,” ujarnya.

    Pelanggan PDAM yang terdampak proses pemasangan pipa yakni sebagian pelanggan Tasikmalaya bagian barat, timur, wilayah Kawalu, Cibeureum serta wilayah Manonjaya. Setidaknya puluhan ribu pelanggan akan terganggu dan tidak teraliri air PDAM selama pengerjaan berlangsung.

    “Kami dari pihak managemen PDAM Tirta Sukapura mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Jika telah selesai pekerjaannya, dipastikan pasokan air akan normal lagi dan akan lebih baik proses distribusinya ke pelanggan,” pungkasnya.

     

    (Seda/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img