spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Taekwondo Jabar Siap Ulang Sukses PON XIX di Tahun 2020

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Jabar memastikan diri tampil di semua nomor pertandingan yakni 20 nomor di cabang olahraga taekwondo pada gelaran PON XX tahun 2020 mendatang di Papua.

    Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jawa Barat pun menyebut peluang mempertahankan gelar juara umum terbuka lebar. 

    Ketua Umum Pengprov TI Jabar, Benny R Gautama menuturkan, keberhasilan mendominasi babak kualifikasi PON XX dengan lolos di semua nomor, akan menjadi tantangan tersendiri. Jabar pun berkesempatan mengirimkan komposisi atlet full team di PON XX tahun 2020 mendatang.

    ” Kita sudah dipastikan lolos di 20 nomor atau semua nomor pertandingan PON XX cabang olahraga taekwondo dan bisa mengirim full team. Ini bukan lari jarak pendek, tapi marathon dan endurance karena PON XX digelar di Papua,” ujar Benny saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (8/12/2019).

    Dengan kondisi geografis ditambah kemungkinan faktor non teknis yang terjadi, maka dibutuhkan persiapan matang. Tidak hanya dari segi kesiapan fisik, mental, maupun teknik dari atlet, termasuk dari sisi anggaran.

    ” Ini berbeda dengan pelaksanaan PON XIX saat kita jadi tuan rumah. Untuk pelaksanaan PON XX di Papua, minimal kita butuh Rp11 juta untuk biaya keberangkatan satu orang atlet dan kita akan kirim fulltim sekitar 26 atlet,” tambahnya.

    Meski demikian, Benny mengaku tidak mau menyerah karena kondisi dan siap menyambut tantangan yang akan dihadapi. Termasuk dalam mempertahankan prestasi yang sudah ditorehkan Taekwondo Jabar di ajang PON XIX tahun 2016 lalu,

    ” Saya masih percaya dengan kemampuan atlet kita dan itu sudah bisa terlihat dengan mendominasi berbagai kejuaraan nasional dalam beberapa tahun terakhir. Di kepengurusan ini kan masih banyak orang lama dan sudah dua periode, karena itu tanggung basah ya sudah kita hajar 12 emas di PON XX nanti. Minimal 10 medali emas dari total 20 medali emas yang diperebutkan,” tegasnya.

    Seperti diketahui, tim Taekwondo Jabar berhasil mendominasi pelaksanaan babak kualifikasi PON XX/2020 yang digelar di Indoor Stadium Sport Center, Kabupaten Tanggerang, Banten, Jumat-Minggu (27-29/9/2019) lalu. Jabar berhasil meloloskan atlet di 20 nomor pertandingan yang akan dipertandingkan di PON XX usai meraih 14 medali emas dan 6 medali perak dari total 20 nomor yang dipertandingkan.

    Pada babak kualifikasi PON XX, tim Taekwondo Jabar tergabung di zona I bersama DI Yogyakarta, Riau, Aceh, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Sumatra Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

    Sebelumnya, pada gelaran PON XIX/2016 lalu, tim Taekwondo Jabar keluar sebagai juara umum dengan raihan 12 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu dari total 20 nomor yang dipertandingkan.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img