spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ribuan Loker Terbuka untuk Warga Jabar di Job Fair Milenial Festival 2019

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat akan menggelar Job Fair (bursa kerja) pada 11 hingga 12 Desember 2019 di Kantor Disnakertrans Jabar, Jalan Soekarno-Hatta , Kota Bandung. Ada sekitar 1.318 lowongan dari 30 perusahaan se Bandung Raya dibuka untuk para pencari kerja di 27 kabupaten/kota di Jabar.

    Demikian disampaikan Sekretaris Disnakertrans Jabar Agus E Hanafiah, dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Halaman Museum Gedung Sate Bandung, Kamis (5/12/2019). Dia mengatakan bahwa menggelar job fair merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di Jabar yang mencapai 1,9 juta orang.

    Bekerjasama dengan 30 perusahaan, 11 bidang dan 119 posisi lowongan pekerjaan terbuka untuk lulusan SMP, SMA hingga S1 mulai usia 17 hingga 45 tahun.

    “Kualifikasi yang dibutuhkan mayoritas untuk lulusan SMA atau sederajat. Dari 1.318 lowongan, 730 lowongan untuk lulusan SMA. Job fair kali ini digelar berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya dilakukan secara konvensional, kali ini pelamar cukup membawa ponsel untuk scan barcode perusahaan yang dituju,” kata Agus.

    Selain lowongan pekerjaan di Bandung Raya, pada job fair kali ini pun dibuka lowongan untuk pekerja migran ke Malaysia dan Polandia sekitar 250 lowongan. Tidak hanya itu, pihaknya pun akan memantau proses pendaftaran hingga seleksi pelamar.

    “Kita berharap perusahaan mengumumkan kelulusan saat itu juga. Yang terpenting adalah keterbukaan bagi yang tidak lulus,” kata dia.

    Dengan begitu, bursa kerja yang digelar benar-benar mempertemukan pencari kerja yang memiliki kompetensi dengan perusahaan yang membutuhkan. Saat ini, kata dia, angkatan kerja di Jabar mencapai 23,8 juta jiwa dan yang sudah bekerja sebanyak 21,9 juta jiwa. Masih tersisa 1,9 juta orang masih menganggur.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img