spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Jabar: Tenaga Kerja Migran Asal Jabar Harus Miliki Kompetensi yang Jelas

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wakil ketua DPRD Jabar, Achmad Ru’yat, meminta stakeholder terkait untuk memperhatikan pemenuhanketerampilan bagi tenaga kerja migran Indonesia yang berasal dari Provinsi Jawa Barat sesuai dengan bidang kompetensinya.

    Hal tersebut dikatakan Achmad Ru’yat dalam kesempatan Hearing Dialog Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan Jawa Barat dengan tema ‘Program Migran Juara’, bertempat di Hotel Resinda Karawang, Kamis (28/11/2019).

    Achmad mengatakan tenaga kerja di Jawa Barat harus mengikuti prosedur dan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

    Baca Juga: Instalasi Bambu di Tiga Perempatan Kota Bandung‎ Sudah Diganti

    “DPRD Jabar telah melakukan rapat paripurna, yang didalamnya dibahas dan diresmikan tentang perlindungan tenaga kerja migran Indonesia yang berasal dari Provinsi Jawa Barat, yang dituangkan pada Propemperda tahun 2020” kata Achmad.

    Achmad menyatakan, DPRD Jabar memberi catatan kepada Pemerintah melalui dinas terkait untuk memberikan pelatihan kepada calon tenaga kerja agar memiliki kompetensi yang jelas sehingga bisa bersaing di dunia pekerjaan dimanapun berada.

    Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi JawaBarat, Ade Afriadi, menyebut pihaknya telah melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan yang kerap dihadapi oleh para Pekerja Migran Indonesia asal Jawa Barat. Salah satunya, dengan meluncurkan Program Migran Juara, saat ini pihaknya tengah melakukan pembenahan data dilakukan melalui program Migran Juara dengan membangun Jabar Migran Service Center pada 2020 mendatang.

    “Migran Juara ini program unggulan bagaimana Pemerintah provinsi Jawa Barat memberikan perlindungan kepada pekerja migran asal Jawa Barat,” kata Ade.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img