spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Penusukan Suporter Indonesia di Malaysia

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Terjadi pengeroyokan dan penusukan suporter Tim Merah Putih oleh suporter tim Malaysia di laga Malaysia vs Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/10/2019). Hal itu dibenarkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia.

    Kepala Satgas Perlindungan WNI KBRI untuk Malaysia Yusron B Ambary mengatakan mendapat beberapa laporan usai Derbi Nusantara itu. Selain pengeroyokan suporter, ada juga kasus penusukan pendukung Skuat Garuda.

    KBRI untuk Malaysia sampai saat ini belum bisa memberikan informasi lanjutan tentang kondisi korban penusukan tersebut.

    Baca Juga: Penusukan Suporter, Kemenpora Minta PSSI Lapor FIFA

    “Informasi ada yang meninggal, sampai sekarang [kami] belum mendapatkan. Ada yang ditusuk, tapi ditahan pakai tangan. Tangannya saja yang sobek,” ujar Yusron saat dihubungi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto di hadapan wartawan, Kamis (21/11/2019).

    Menurut Yusron, kejadian pengeroyokan terhadap WNI bernama Fuad itu terjadi di Bukit Bintang pada Senin (18/11/2019) sebelum pertandingan Malaysia vs Indonesia.

    “Ada satu kasus yang sudah kami terima laporannya, yang beredar di media sosial, orang kita [Indonesia] digebuki. Orangnya sudah datang [ke Malaysia] satu malam sebelum hari pertandingan. Saya diberitahu Aliansi Suporter Indonesia,” ucap Yusron, seperti dilansir CNN.

    “Namanya Fuad, saya sudah bertemu orangnya. Paspornya dirampas, tas Fuad dirampas,” kata Yusron menambahkan.

    Dijelaskan Yusron, usai insiden pengeroyokan itu Fuad mendatangi KBRI di Malaysia guna mengurus dokumen yang hilang dengan membuat surat perjalanan laksana paspor (SPLP).

    KBRI Benarkan Suporter Indonesia Ditusuk di Malaysia.

    “Saya minta dia [Fuad] mengurus dokumen yang hilang ke imigrasi, paspor spesial,” tutur Yusron.

    “Sekitar dua hari lalu ada utusan PSSI, tapi saya belum tahu nama orangnya, datang ke kantor. Saya diinfokan mereka menjelaskan suporter Indonesia yang ditahan polisi Malaysia. Hanya sampai di situ saja,” ucap Agung.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img