spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Roller Barrier Diyakini Kurangi Risiko Korban Lakalantas

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tujuh roller barrier telah terpasang di titik rawan kecelakan di jalan provinsi Jawa Barat, pembatasan jalan berteknologi slinder ini diyakini bakal mengurangi risiko korban kecelakaan. Tujuh roller barier milik Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat ini sudah dipasang sejak tahun 2018. Hal itu dilakukan seiring banyaknya insiden kecelakaan yang menelan banyak korban jiwa.

    “Kita sudah mulai berlakukan sejak tahun lalu terutama di titik-titik rawan kecelakaan. Tentunya ini sebagai langkah meminimalisasi kecelakaan dan korban jiwa,” kata Kepala Dishub Jabar Hery Antasari melalui sambungan telepon, Senin (18/11/2019).

    Adapun roller barrier yang sudah dipasang, yakni di tikungan S Jalan Raya Cikidang-Palabuanratu, Kabupaten Sukabumi sepanjang 60 meter. Lokasi selanjutnya, yakni di Jalan Raya Cijambe-Jalan Cagak, Kabupaten Subang sepanjang 20 meter. Lalu Jalan Raya Leuweung Tiis, Leles, Kabupaten Garut sepanjang 20 meter.

    “Tiga lokasi ini kita sudah pasang sejak tahun 2018,” kata dia.

    Memasuki tahun 2019, pemasangan dilanjutkan di ruas Jalan Simpang Loji-Puncak Darma, Kabupaten Sukabumi sepanjang 40 meter. Kemudian, pemasangan juga dilakukan di Jalan Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, KM 28 dengan panjang 80 meter.

    “Di ruas Jalan Majalengka-Cikijing KM 59+700 sepanjang 20 meter sudah selesai,” kata dia.

    Ada beberapa titik lainnya yang sedang persiapan pemasangan roller barrier, yakni ruas Jalan Tanjungpura-Rengasdengklok-Batujaya, Kabupaten Karawang sepanjang 80 meter. Lokasi lainnya yaitu Jalan Raya Cikajang-Bungbulang, Kabupaten Garut sepanjang 80 meter.

    “Saat ini persiapan pemasangannya masih dalam tahap lelang dan baru diumumkan pemenangnya 19 November 2019. Jadi total yang terpasang nanti tahun 2018 dan 2019 ini 380 meter,” kata Hery.

    Progres pemasangan roller barrier ini juga disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya. Hery menyebut roller barrier sudah dipasang di banyak titik rawan kecelakaan di Jabar.

    “PROGRAM ROLLER BARRIER, teknologi tabung putar penahan tabrakan sudah dipasang di banyak titik jalan provinsi yang rawan kecelakaan oleh Dishub Provinsi Jawa Barat. Semoga bisa mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di masa depan,” tulis Emil di Ig nya.

    (AS/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img