spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Incar Juara Umum Popnas XV, Jabar Bertekad Cetak Hattrick

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Jawa Barat bertekad untuk mempertahankan gelar juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 sekaligus mencetak hattrick juara umum.

    Seperti diketahui, pada dua gelaran Popnas sebelumnya, di Jawa Barat pada tahun 2015 dan di Jawa Tengah pada tahun 2017, Jabar berhasil menempati posisi puncak.

    ” Target ya harus juara umum. Jabar punya potensi untuk itu dan siap mencetak hattrick,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Engkus Sutisna didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Desiyana Savitri saat ditemui usai pembukaan Popnas XV/2019 di Hall A, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11/2019).

    Kontingen Jabar diperkuat 211 atlet yang akan bertanding di 221 nomor di 13 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari total 221 medali emas yang diperebutkan, Jabar menargetkan meraih sekitar 40 medali emas dari beberapa cabang olahraga unggulan.

    ” Kita punya andalan di beberapa cabang olahraga seperti atletik, renang, taekwondo, dayung, pencak silat, dan angkat besi. Beberapa atlet kita pun sempat memperkuat Indonesia pada ajang Asian School Games XI di Semarang pada Juli 2019 lalu,” terangnya.

    Selain dari cabang olahraga yang selalu menjadi andalan, Jabar pun punya peluang di beberapa cabang olahraga lain yang dipertandingkan. Seperti dari bulutangkis, pencak silat, dan cabang olahraha lainnya.

    ” Semoga apa yang kita harapkan bisa tercapai untuk mempertahankan juara umum Popnas untul kali ketiga,” tegasnya.

    Popnas XV tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada Minggu (17/11/2019) malam di Hall A Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegeoro, Jakarta. Popnas XV tahun 2019, akan mempertandingkan 13 cabang olahraga yang digelar di dua kota yakni Jakarta (10 cabang olahraga) dan Jabar (3 cabang olahraga) hingga 25 November 2019.

    ” Saya berharap dari ajang Popnas XV ini bisa lahir atlet-atlet terbaik yagg bisa membela Indonesia pada ajang internasional,” ujar Menpora.

    Sebelumnya, Popnas XV akan digelar di Papua. Namun Bumi Cendrawasih menyatakan tidak siap karena faktor infrastruktur dan diambil alih Kemenpora.

    ” Terimakasih DKI Jakarta dan Jawa Barat yang sudah membantu pelaksanaan sebagai tuan rumah meski dengan persiapan yang kurang ideal sekitar 2 bulan,” Zainudin.

    Ke-13 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Popnas XV tahun 2019 yakni atletik, bulutangkis, renang, sepak takraw, bola voli pasir, angkat besi, pencak silat, judo, panahan, dan karate yang digelar di DKI Jakarta. Serta taekwondo, dayung, dan tarung derajat digelar di Jabar.

    Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Popnas XV/2019, mengalami penurunan dari pelaksanaan sebelumnya pada tahun 2017 yang mempertandingkan 21 cabang olahraga. Pada gelaran Popnas XIV tahun 2017 terseburt, Jabar keluar sebagai juara umum dengan raihan 58 medali emas, 45 medali perak, dan 54 medali perunggu.

    Pada hari pertama pelaksanaan Popnas XV tahun 2019, DKI Jakarta untuk sementara memimpin klasemen raihan medali dengan torehan 2 medali emas dan 1 medali perunggu. Jabar berada di posisi kedua dengan raihan 2 medali emas, diikuti Jatim di peringkat tiga dengan raihan 1 medali emas dan 1 medali perak.

    Dua medali emas bagi Jabar disumbangkan dari cabang olahraga karate. Yakni atas nama Yuda Fadila Pratama di nomor kata perorangan putra dan M Ridhwan Fawwas dari nomor kumite +76 kg putra.

    Pada hari kedua, Senin (18/11/2019), setidaknya akan diperebutkan sebanyak 39 medali emas di 5 cabang olahraga. Yakni di angkat besi, atletik, karate, taekwondo, dan tarung derajat.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img