spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Terus Digempur Unjuk Rasa Ricuh, Presiden Bolivia Akhirnya Mundur

    BOLIVIA, FOKUSJabar.id: Presiden Bolivia, Evo Morales, menyatakan mengundurkan diri setelah digoyang gelombang unjuk rasa berakhir ricuh selama tiga pekan. Dalam pidato pengunduran diri pada Minggu (10/11/2019) waktu setempat. Morales meletakkan jabatan di tengah ketidakpastian politik usai pemilu dan penarikan dukungan dari militer dan kepolisian.

    “Saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai presiden,” kata Morales dalam pidato yang disiarkan televisic seperti dilansir CNN.

    Selain Morales, Wakil Presiden Alvaro Garcia Linera juga turut mengundurkan diri.

    “Saya mengirim surat pengunduran diri ke Majelis Legislatif Bolivia,” kata pemimpin sosialis berusia 60 tahun itu dilansir dari Associated Press. Morales menyebut pengunduran diri itu sebagai puncak kudeta.

    Morales yang berkuasa sejak 2006, dinyatakan menang dalam pemilihan presiden 20 Oktober lalu dengan selisih tipis.

    Sebelum menyatakan mengundurkan diri, Morales setuju diadakan pemilu baru, namun hal itu tak mampu meredam gejolak publik.

    Pihak oposisi menuding ada kecurangan dalam penghitungan suara, sehingga kemenangan Morales dipertanyakan. Sejak itu, massa turun ke jalan untuk melakukan protes.

    Organisasi Negara-negara Amerika melakukan audit pemilihan dan mereka menyatakan menemukan penyimpangan dalam pemilu Bolivia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img