spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Kampung Wisata Braga dan Co-Working Space Harus Jadi Sumber Ekonomi Warga

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengharapkan kehadiran Kampung Wisata Braga dan Co-Working Space bisa menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. Hal tersebut disampaikan saat meluncurkan Kampung Wisata Braga dan Co-working Space pada acara Braga Festival di Jalan Braga Pendek, Minggu (10/11/2019).

    Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan tugu yang berada di depan Hotel The Braga Art oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

    “Ini harus bisa meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Termasuk menghadirkan jiwa enteurpreneur,” ujar Mang Oded (sapaan akrabnya).

    Mang Oded pun berharap tempat tersebut menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dalam mengembangkan potensi ekonomi.

    “Di sini ada pelatihan menjahit, melukis, juga akan ada merakit lampu. Intinya, semua program yang dimensi penguatan ekonomi harus dirangkul,” tambahnya.

    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari menambahkan, terdapat beberapa kawasan di Kampung Wisata Kreatif. Mulai dari kawasan tanaman obat keluarga di RW 06, sanggar melukis, kacapi suling, tembang Sunda Cianjuran dan degung di Rumah Seni Ropih, serta industri kerajinan daur ulang sampah koran dan kantong plastik RW 06.

    Tak hanya itu, hadir pula kawasan pasar antik Cikapundung dan destinasi wisata kuliner legendaris seperti Braga Permai, Kopi Aroma dan Warung Kopi Purnama.

    “Untuk tahun depan, kita kembangkan kawasan lain seperti destinasi wisata mural di Jalan Marconi, Jalan Morse dan Jalan Radio serta kampung wisata Warna Warni di Cikapundung,” jelasnya.

    Kenny menambahkan, dipilihnya kawasan Braga sebagai Kampung Wisata Kreatif, diharapkan menjadi percontohan untuk wilayah lainnya. Braga memiliki kawasan art Deco, sejarah dan kebudayaan yang cukup kental.

    “Kampung Braga itu, temanya sejarah dan warisan budaya dan kreatif. Kawasan ini banyak sejarah, kaitan dengan KAA dan Soekarno,” pungkasnya

    (Yusuf Mugni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img