spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Pesepakbola Muda Dunia yang Diprediksi Tampil di Indonesia

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pesepakbola Muda, sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021, Indonesia berpeluang menjadi tempat lahirnya atlet sepak bola berbakat masa depan. Bukan tidak mungkin generasi baru penerus Lionel Messi, Andres Iniesa, hingga Paul Pogba muncul dari lapangan hijau di Indonesia.

    Dari setiap gelaran Piala Dunia U-20, selalu muncul talenta pesepakbola dunia. Begitu pun dari ajang Piala Dunia U-20 edisi ke-23 yang akan digelar di Indonesia tahun 2021 mendatang.

    Lantas siapa saja bakal calon bintang pesepakbola yang kemungkinan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia?

    1. Ansu Fati
    Pesepakbola kelahiran 31 Oktober 2002 ini sudah mampu membuat penggila si kulit bundar berdecak kagum. Di usianya yang baru genap 17 tahun, bukan tidak mungkin bocah ajaib ini bakal menjadi andalan timnas Spanyol U-20 meski bukan seorang warga asli negeri matador.

    Ansu Fati (foto: net)

    Ansu Fati yang lahir di Guinea-Bissai (salah satu negera di Afrika Barat) dan baru resmi menjadi warga negara Spanyol pada 20 September 2019, sudah menjadi bagian penting dari timnas Spanyol U-21 di sejumlah laga persahabatan.

    Bahkan bersama klubnya, Barcelona, Ansu Fati sudah menjalani 7 laga di kompetisi La Liga dengan torehan 2 gol dan dua laga di kompetisi Liga Champions Eropa. Jadi bukan tidak mungkin, bocah ajaib ini memperkuat Timnas Spanyol U-20 saat Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia pada 2021.

    Tantangannya, apakan timnas Spanyol U-20 mampu lolos kualifikasi setelah tiga kesempatan Piala Dunia U-20 gagal. Akankah Ansu Fati membawa keberuntungan yang berbeda? Layak ditunggu.

    Baca Juga : Tiga Atlet Jepang Terkonfirmasi Positif Covid-19

    2. Lee Kang-in
    Lee Kang-in menjadi satu dari sekian banyak pemain asal Korea Selatan yang berlaga di kompetisi di benua biru. Pemain kelahiran 19 Februari 2001 ini sudah menjalani debut bersama tim utama Valencia sejak 30 Oktober 2018.

    Bahkan saking berharganya seorang Lee Kang-in, Valencia sudah memagarinya dengan klausul pelepasan minimum senilai 80 juta Euro atau setara dengan Rp1,27 triliun. Pemain yang sudah mencetak 7 gol dari 16 kali penampilannya bersama timnas Korea Selatan U-20 ini pun masuk dalam nominasi FIFA untuk Trofi Kopa sebagai salah satu pemain U-21 terbaik di dunia.

    Lee Kang-in (foto: net)

    Dengan melihat performa timnas Korea Selatan pada Piala Dunia U-20 tahun 2019 di Polandia dengan menempati posisi runner up, besar peluang bagi Lee untuk tampil di Indonesia. Bukan tidak mungkin, pemain dengan tinggi badan 173 cm ini akan bersaing menjadi top skor atau pemain terbaik di ajang Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia.

    3. Fabio Silva
    Sudah tidak disangkal lagi, Portugal selalu menghadirkan talen-talenta muda pesepakbola. Mulai dari Rui Costa, Luis Figo, Cristiano Ronaldo, hingga kini seorang Fabio Silva.

    Penyerang FC Porto ini pun kerap dijuluki sebagai ‘Titisan Cristiano Ronaldo’. Baru berusia 17 tahun pada 19 Juli, striker dengan tinggi badan 195 cm ini sudah mampu menorehkan beberapa tinta emas dalam karirnya di lapangan hijau.

    Pemain dengan nomor punggung 49 ini sudah menjadi pemain termuda di kompetisi Primera Liga Portugal saat menjalani debut dengan FC Porto melawan Gil Vicente di usia 17 tahun 22 hari. Sebulan kemudian, pada 19 September 2019, Fabio Silva kembali menjadi pemain termuda dalam kompetisi antarklub Eropa saat diturunkan melawan Young Boys di laga Liga Europa.

    Enam hari kemudian, Fabio kembali menjadi starter termuda di Primera Liga Portugal melawan Santa Clara. Lalu pada 19 Oktober 2019, Fabio Silva kembali membuat rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah FC Porto usai menjebol gawang Coimbroes di Piala Portugal.

    Dengan sederet tinta emas, bukan tidak mungkin Fabio Silva akan mengikuti jejak sang kakak, Jorge Silva untuk bermain di benue biru. Bahkan Atletico Madrid dan Juventus dikabarkan sudah mendeteksi klausul pelepasan Fabio Silva dari FC Porto yang hanya bernilai 25 juta euro.

    Portugal yang selalu lolos setidaknya di tiga edisi terakhir Piala Dunia U-20, kemungkinan akan kembali tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia. Fabio Silva, dipastikan akan menjadi bagian dari timnas Portigal U-20 yang akan merasakan atmosfir sepakbola di nusantara.

    4. Benoit Badiashile
    Baru berusia 18 tahun pada 26 Maret lalu, Benoit Badiashile telah bermain sebanyak 26 kali bagi AS Monaco sejak musim lalu dan mencetak 1 gol. Dengan tinggi badan 192 cm, pemain dengan nama lengkap Benoit Badiashile Mukinayi makin tak tergantikan di lini belakang klub kontestan Liga Perancis tersebut.

    Kematangan dan keunggukan fisik Benoit membuat lini belakang tim yang dibelanya akan sulit ditembus. Benoit sendiri kerap disandingkan dengan bek-bek legendaris Perancis seperti Marcel Desailly.

    Bek kelahiran Limoges ini pun menjadi pemain tak tergantikan di timnas Prancis kelompok usia. Benoit sendiri sudah membela negara kelahirannya sejak di kelompok U-16 hingga U-19 saat ini.

    5. Rodrygo
    Penyerang Real Madrid ini dipastikan akan menjadi talenta pesepakbola paling ditunggu di ajang Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia. Dengan catatan, Brasil mampu lolos dari babak kualifikasi zona CONMEBOL (Amerika Selatan) yang mendapatkan jatah 4 tim di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

    Pasalnya, tim samba muda gagal tampil di dua gelaran Piala Dunia U-20 dari tiga edisi terakhir. Termasuk pada gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2019 yang baru saja selesai digelar di Polandia setelah menempati peringkat lima pada Kejuaraan Amerika Selatan U-20.

    Rodrygo (foto: net)

    Kehadiran Rodrygo dipastikan menjadi andalan bagi tim samba muda untuk mengubah peruntungannya. Tim Brasil U-20 dipastikan akan berusaha mengembalikan kejayaannya di Piala Dunia U-20 dan menambah koleksi trofi lima gelar juara.

    Harapan yang ditujukan pada penyerang sayap ini bukan hal yang mengada-ada. Pasalnya, pemain dengan tinggi badan 174 cm ini baru saja melakoni laga perdananya di ajang Liga Champions saat dijamu Galatasaray di stadion Sami Ali Yen.

    Pesepakbola dengan nama lengkap Rodrygo Silva de Goes ini pun tampil brilian saat mencetak hattrick di laga perdananya di ajang Liga Champions dan membawa Los Galacticos menang besar 6-0. Rodrygo pun disebut-sebut akan menjadi bintang masa depan Real Madrid.

    Menariknya, usia Rodrygo hanya terpaut delapan hari dari tenggat waktu usia maksimal seorang pemain untuk bisa tampil di Indonesia pada Piala Dunia U-20 tahun 2021. Ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia pun menjadi pembuktian terakhir bagi pemain kelahiran 9 Januari 2001 sebelum berkarir di level senior.

    (ars/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img