spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pemprov Jabar Kembangkan 10 Kawasan Wisata di Setiap Daerah

    PURWAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemerataan ekonomi masyarakat, Pemprov Jabar kembangkan 10 kawasan wisata per satu kabupaten/kota. Pihak Pemprov pun terus menyisir pelosok-pelosok.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebar ke daerah – daerah mencari titik kawasan wisata untuk dikembangkan.

    Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Jawa Barat per hari ini naik hingga 5,9 persen.

    Kawasan wisata Pasir Langkang Kabupaten Purwakarta (foto IST)

    Namun, capaian tersebut dinilai hanya mampu dirasakan masyarakat di daerah dengan akses dan pengembangan ekonomi menengah.

    “Namun kenaikan ini tidak dibarengi pemerataan.Supaya merata, maka kita mencari potensi wisata, kami membangun sarana dasar yang ada di tempat wisata untuk selanjutnya dikembangkan oleh kabupaten kota dengan berbagai sumber dana,” kata Uu saat meninjau kawasan wisata Pasir Langlang, Kabupaten Purwakarta, Senin (4/11/2019).

    Hasil penyisiran yang sudah dilakukan, masyarakat di kawasan wisata yang belum berkembang menginginkan kemudahan akses jalan untuk kendaraan besar disertakan dengan fasilitas umum yang memadai.

    “Kita sudah bergerak enam bulan, yang penting ada progres. Soal akses, nanti tergantung kebutuhan desa bersangkutan, di sini misalnya 600 meter diperbesar, ditambah lahan parkir, jadi tergantung yang dibutuhkan,” kata dia.

    Tidak hanya itu, penyediaan fasilitas berwirausaha bagi para pedagang, pihaknya membangun sarana berdagang.

    “Uang akan semakin beredar di desa tersebut, mudah mudahan terdongkrak, saya ditugaskan mencari 10 titik dari satu daerah,” kata dia.

    Untuk ketersediaan anggaran, Uu memastikan akan membutuhkan jumlah besar. Uu mengumpamakan, pengembangan kawasan wisata Pantai Pangandaran yang mencapai puluhan milyar.

    “Pangandaran sekarang saja hampir Rp85 milyar,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img