spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    ESC Tampil Dominan di Kejuaraan Renang Wali Kota Cup II

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Perkumpulan Renang Elite Swimming Club (ESC) Kota Bandung keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Renang antar Pelajar se-Kota Bandung & antar Perkumpulan Kelompok Umur Terbuka ‘Walikota Cup II’ yang digelar di Kolam Renang Prestasi KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Sabtu-Minggu (12-13/10/2019). ESC menjadi perkumpulan yang mengoleksi medali emas terbanyak sekaligus perain poin terbesar dari 26 perkumpulan yang ikut ambil bagian dalam kejuaraan.

    ESC Kota Bandung tampil dominan dengan meraih 46 medali emas, 25 medali perak, dan 26 medali perunggu. ESC pun berhasil mengumpulkan poin terbesar yakni 2779.5 sekaligus menjadi juara umum.

    Peringkat runner up ditempati perkumpulan renang Aquarius Kota Bandung yang meraih 10 medali emas, 25 medali perak, dan 17 medali perunggu dengan raihan poin 1559.5. Sedangkan di posisi ketiga, perkumpulan renang Tirta Merta Club (TMC) Kota Cimahi yang mengoleksi 15 medali emas, 13 medali perak dan 6 medali perunggu dengan total poin 1108.

    “Penentuan juara umum pada kejuaraan yakni berdasarkan total poin yang dikumpulkan. Poin tersebut dihitung berdasarkan raihan medali yang diperoleh baik medali emas, perak, maupun perunggu,” ujar Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengcab PRSI Kota Bandung, Aam Nurjaman saat ditemui usai kejuaraan, Minggu (13/10/2019) malam.

    Dominasi atlet renang asal ESC Kota Bandung sudah terlihat sejak hari pertama pelaksanaan kejuaraan. ESC terus meraup pundi-pundi medali emas dari total 104 keping yang diperebutkan.

    ESC berhasil mendominasi setidaknya di enam kelompok usia dari total 11 kelompok usia yang dilombakan dengan menempatkan atletnya sebagai perenang terbaik. Yakni di grup 1 putri atas nama Marella S. Harahap dengan raihan 2 medali emas, lalu Reyza Saputra Aldeyana di grup 2 putra dengan raihan 5 medali emas, kemudian di grup 2 putri melalui Philomena Balinda A yang meraih 4 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

    ESC pun menempatkan atletnya, Muhammad Samudera sebagai perenang terbaik grup 3 putra usai meraih 8 medali emas dan 1 medali perak. Disusul Faiza Zalika Revana Yunus di grup 4 putri yang meraih 4 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu. Terakhir M Dwiki Raharjo di kelompok senior putra dengan raihan 1 medali emas.

    Ketua ESC Kota Bandung, Nizarudin mengaku bersyukur dengan pencapaian para atletnya pada kejuaraan kali ini. Dari total 46 orang atlet yanh dikirim, berhasil keluar sebagai juara umum.

    “Sebenarnya, kita tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi kejuaraan ini hanya latihan seperti biasa saja. Alhamdulillah, anak-anak bisa menampilkan performa terbaik mereka,” ujar Nizar.

    Kejuaraan kali ini, lanjutnya, menjadi salah satu ajang persiapan untuk menghadapi kejuaraan nasional antar perkumpulan yang rencananya digelar pada Desember 2019. Melalui hasil yang diraih, pihaknya bisa melakukan evaluasi dan perbaikan untuk menghadapi gelaran kejurnas.

    “Kita sendiri berharap bisa mencapai prestasi yang maksimal di kejurnas nanti. Semoga performa dan catatan waktu anak-anak pun semakin baik,” tegasnya.

    Kejuaraan sendiri diikuti sekitar 500 peserta yang berasal dari 26 klub/perkumpulan dengan menggelar 1.700 nomor pertandingan. Kejuaraan tidak hanya diikuti klub/perkumpulan asal Kota Bandung atau kabupaten kota di Jawa Barat, tapi juga dari luar Jabar seperti Jawa Tengah, Jambi, hingga Lampung.

    (ageng)

     

    Berita Terbaru

    spot_img