spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Siapkan Bibit Atlet Masa Depan, PTMSI Jabar Gelar Kejurda Kelompok Umur

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dalam upaya regenerasi atlet Tenis Meja, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jawa Barat menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) Tenis Meja Kelompok Umur tahun 2019. Kejuaraan sendiri digelar di GOR Tenis Meja ITB, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat-Minggu (27-29/9/2019) kemarin.

    Anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengprov PTMSI Jawa Barat, Youseph menuturkan, kejurda yang diikuti 320 atlet se-Jabar ini digelar atas kerjasama dengan Kemenpora RI. Kejuaraan sendiri dibagi dalam tiga kelompok usia yakni pemula (kelahiran 2007), kadet (kelahiran 2004), dan junior (kelahiran 2001).

    “Kita lakukan pembatasan usia di tiga kelompok usia, karena kita menginginkan pembinaan berjenjang. Selain itu, untuk memfasilitasi kompetisi bagi setiap kelompok umur,” ujar Youseph saat ditemui di sekretariat PTMSI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (30/9/2019).

    Dari pelaksanaan kejuaraan, lanjutnya, diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet Tenis Meja potensial baru dari setiap klub dan Pengcab PTMSI kota/kabupaten di Jawa Barat. Dengan demikian, prestasi Tenis Meja bisa terus mengalami peningkatan sekaligus proses pembinaan bisa berjalan dengan baik.

    “Klub dan pengcab ini kan menjadi penyumbang atlet bagi Jabar dan kita memfasilitasi dengan menggelar kejuaraan,” tambahnya.

    Selain itu, bagi Pengprov PTMSI Jabar, kejuaraan bisa menjadi tolok ukur pembinaan yang dilakukan setiap klub maupun pengcab PTMSI kota/kabupaten di Jabar. Termasuk upgrade data atlet tenis meja di Jawa Barat.

    “Dengan adanya kejuaraan ini, setiap klub maupun pengcab bisa melakukan evaluasi dari pembinaan atlet yang mereka lakukan, ” tegasnya.

    Pada kejuaraan tersebut, Kabupaten Majalengka dan klub Gempar Sumedang menjadi peraih medali emas terbanyak. Dari enam kelas yang dipertandingkan, Kabupaten Majalengka dan klub Gempar Sumedang berhasil meraih dua medali emas.

    Kabupaten Majalengka meraih medali emas dari kelas pemula putra atas nama Rafi Aditia Priatna dan kelas kadet putra atas nama Rahma Pratama. Sedangkan klub Gempar Sumedang mengoleksi dua medali emas dari satu atlet yakni Sofi Fitria dari kelas kadet putri dan junior putri.

    Sedangkan dua medali emas lain diraih masing-masing oleh Nusadaya dan SMA Pasundan 3 Kota Cimahi. Nusadaya meraih medali emas dari kelas pemula putri atas nama Galih Wanti Arum, sedangkan SMA Pasundan 3 Cimahi dari kelas junior putra atas nama Andre Gunaya.

    (ageng/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img