spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    IPSI Jabar Gelar Seleksi Akhir Tim Pencak Silat PON XX

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat melakukan seleksi akhir tim Pelatda PON XX untuk persiapan babak kualifikasi yang akan digelar 12-17 November 2019.

    Seleksi digelar di GOR Sasakawa, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (13/9/2019).

    Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov IPSI Jabar, Feri Hendarsin menuturkan, pelaksanaan seleksi dilakukan untuk membentuk tim inti Pencak Silat PON XX Jabar. Saat ini, komposisi atlet masih 125 persen atau masih dihuni oleh 28 orang atlet.

    ” Seleksi akhir ini untuk menyusutkan tim menjadi 100 persen atau sebanyak 23 orang atlet. Untuk seleksi akhir, hanya digelar di lima kelas dari total 19 kelas yang dipertandingkan di PON XX,” ujar Feri saat ditemui di sela-sela pelaksanaan seleksi, Jumat (13/9/2019).

    Kelima kelas yang di seleksi yakni dua nomor di kelas TGR (tunggal, ganda, regu) dan tiga nomor tanding. Yakni kelas tunggal putra, regu putra, kelas C putra, kelas G putra, dan kelas B putri.

    ” Seleksi kita gelar secara terbuka, layaknya sebuah pertandingan. Dengan demikian, atlet bisa merasakan atmosfir kompetisi begitupun dengan petugas pertandingan, wasit dan pelatih melakukan tugas sebegaimana mestinya,” tuturnya.

    Sebanyak 23 atlet yang masuk dalam komposisi tim inti Pencak Silat Jabar, dipersiapkan untuk menghadapi babak kualifikasi PON XX cabang olahraga pencak silat pada 12-17 November 2019 yang terbagi di tiga wilayah. Jabar sendiri akan masuk dalam wilayah I yang digelar di GOR Ciracas, Jakarta Timur.

    ” Di wilayah I, Jabar akan bergabung bersama sepuluh provinsi lain yakni Papua Barat, Riau, Kalimantan Utara, Bali, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara,” tegasnya.

    Babak kualifikasi PON XX cabang olahraga pencak silat akan mempertandingkan 19 kelas. Yang terdiri dari 14 kelas di nomor tanding dan 5 kelas di nomor TGR.

    Untuk 14 kelas di nomor tanding terdiri dari 9 kelas di kelompok putra dan 5 kelas di kelompok putri. Sedangkan 5 kelas di nomor TGR terdiri dari tiga kelas di kelompok putra dan dua kelas di kelompok putri.

    Pada babak kualifikasi PON XX cabang olahraga pencak silat, akan memperebutkan kuota 172 orang yang dibagi di tiga wilayah masing-masing sebanyak 57 orang atlet. Selain kuota 172 atlet melalui babak kualifikasi PON XX, PP IPSI pun memberlakukan wild card bagi 12 atlet pelatnas SEA Games 2019 Manila, Philipina.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img