spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Festival Bandung Ulin Pecahkan Rekor ORI

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Festival Bandung Ulin 2019 yang digagas  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mencatatkan rekor permainan tradisional di mendapat penghargaan dari Orginal Rekor Indonesia (ORI) di Lapang Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (28/8/2019).

    Rekor tersebut dinilai dari tiga permainan anak-anak orang Sunda “baheula” seperti Cing ciripit, Surser dan Parempet Jengkol dengan peserta sebanyak 7711 siswa, yakni siswa Taman Kanak Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandung.

    Plh Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan bahwa acara ini bisa mengenalkan kembali anak-anak era sekarang kepada permainan zaman dahulu yang bernilai filosofis kebersamaan, tenggang rasa dan solidaritas.

    “Saya merasakan itu banyak nilai-nilai filosofis yang cukup tinggi terutama bersosialisasi dengan teman,” kata dia.

    Dia memastikan bahwa permaian tradisional tidak akan hilang dimakan zaman, terlebih dengan permainan ini, anak-anak akan merasa bahagia tanpa meninggalkan sisi sosialnya.

    “Kalau anak-anak sekarang dengan permainan di gawainya. Mereka bahagia iya, senang iya, tapi nilai sosialisasnya kurang,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img