spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Atlet Jabar Gagal Raih Juara di Nomor Lead Putri Kejurnas Panjat Tebing Piala Gubernur 2019

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Atlet panjat tebing putri asal Kabupaten Badung, Bali, Nadya Putri Virgita tampil sebagai peraih medali emas di nomor lead putri Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing ‘Piala Wali Kota Bandung 2019’ yang digelar di Wall Climbing Saparua, Jalan Lombok Kota Bandung. Pada laga final yang digelar Jumat (9/8/2019), Nadya berhasil mengalahkan atlet asal FPTI Makasar, Alivany Ver Khadijah serta atlet tuan rumah Jabar, Widia Fujiyanti.

    Pada pemanjatan di babak final, Nandya berhasil mencapai poin pemanjatan tertinggi yakni poin 30 darri total 33 poin hingga top wall. Sementara Alivany hanya mampu mencapai poin 16 dan Widia terjatuh saat berusaha mencapai poin 14 di pemanjatan babak final lead putri.

    Wakil manajer tim pelatda panjat tebing PON XX Jabar, Sumaryono menuturkan, pada babak final nomor lead putri, Jabar menempatkan dua atletnya yakni Widia Fujiyanti serta Betti Nawafatus Yoga Inta. Betti sendiri hanya mampu melakukan pemanjatan hingga ke poin 10+ atau terjatuh saat berupaya mencapai poin 11 dan harus puas di peringkat enam.

    “Kita memang tidak membebankan target apapun di kejuaraan ini karena dari sisi porsi latihan belum difokuskan pada teknik. Program latihan saat ini masih fifty-fifty antara fisik dan teknik. Jadi pencapaian atlet putri di nomor lead ini sudah cukup baik,” ujar Umar (sapaan akrab Sumaryono) saat ditemui di sela-sela pertandingan, Jumat (9/8/2019).

    Kejuaraan sendiri, lanjutnya, menjadi ajang uji coba pertama yang diikuti sekitar 15 atlet panjat tebing Jabar yang tergabung di tim pelatda PON XX. Performa atlet pada kejurnas kali ini, akan menjadi bahan evaluas pelath untuk perbaikan kedepan menjelang babak kualifikasi PON XX cabang olahraga panjat tebing yang rencananya digelar bulan September 2019 di Surabaya, Jatim.

    “Jadi peak performance atlet yang kami harapkan itu pada saat babak kualifikasi PON XX pada September mendatang. Jadi hasil dari kejuaraan ini, akan kita evaluasi pada proses latihan menjelang babak kualifikasi,” tegasnya.

    Sementara Ketua Penyelenggara Kejurnas Panjat Tebing ‘Piala Gubernur Jabar 2019’, Iwan Darmawan menuturkan, penyelenggaraan kejuaraan sendiri berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti. Faktor cuaca yang cukup mendukung, membuat penyelenggaraan setiap nomor pertandingan berjalan sesuai dengan rencana.

    “Hari ini mempertandingkan nomor lead putra dan putri hingga babak final. Yang sudah selesai yakni nomor lead putri dimana medali emas dirah atlet pelatda panjat tebing Bali, sedangkan untuk nomor lead putra masih berlangsung,” ujar Iwan.

    Untuk pertandingan di hari terakhir, Sabtu (10/8/2019), akan melombakan nomor speed klasik putra dan putri hingga babak final. Berdasarkan rencana jadwal, pertandingan akan berakhir sekitar pukul 15.00 WIB.

    “Besok (Sabtu (10/8/2019), akan dipertandingkan dua nomor sisa yakni speed klasik putra dan putri sekaligus penutupan kejuaraan yang akan dilakukan oleh Plh. Sekda Provinsi Jabar, Daud Ahmad,” pungkasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img