spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Kejuaraan Piala Gubernur Diharapkan Dukung Program KONI Jabar Pertahankan Juara Umum PON XX

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing ‘Piala Gubernur Jabar 2019’ diharapkan bisa mendukung program KONI Jabar untuk mempertahankan gelar juara umum PON XX di tahun 2020. Kejurnas Panjat Tebing ‘Piala Gubernur Jabar 2019’ sendiri digelar selama tiga hari, 8-10 Agustus 2019, di Wall Climbing SOR Saparua, Jalan Lombok Kota Bandung.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jabar sekaligis Ketua Panitia, Engkus Sutisna menuturkan, gelaran kejuaraan merupakan kerjasama antara Dispora Jabar, KONI Jabar, dan Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jabar. Kejuaraan bertajuk Piala Gubernur Jabar sendiri merupakan program tahunan Disorda Jabar melalui Seksi Pengembangan Olahraga Prestasi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga yang pada tahun 2019 digelar di 12 cabang olahraga.

    “Panjat tebing sendiri menjadi kejuaraan bertitel Piala Gubernur Jabar kedelapan yang digelar pada tahun 2019. Diharapkan kejuaraan ini bisa ikut mendukung program KONI Jabar untuk mempertahankan gelar juara umum di PON XX tahun 2020,” ujar Engkus saat ditemui di sela-sela kejuaraan, Kamis (8/8/2019).

    Pada kejuaraan kali ini, lanjutnya, tidak hanya diikuti atlet-atlet asal Jabar serta tim Pelatda Panjat Tebing PON XX Jabar. Kejuaraan sendiri diikuti atlet-atlet yang berasal dari 13 provinsi di Indonesia diantaranya dari Banten, DKI Jakarta, Bali, Nangroe Aceh Darussalam, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Riau, dan Kepulauan Riau.

    “Jumlah atlet yang ikut serta pada kejurnas panjat tebing Piala Gubernur Jabar 2019 mencapai 120 atlet terdiri dari 95 atlet putra dan 25 atlet putri. Selain itu, hadir pula dua atlet panjat asal Singapura,” tambahnya.

    Kejurnas Panjat Tebing Piala Gubernur Jabar 2019 sendiri memperebutkan medali di empat nomor pertandingan. Yakni nomor lead putra dan putri serta nomor speed klasik putra dan putri.

    “Untuk total uang pembinaan yang diperebutkan sebanyak Rp52 juta ditambah Piala Tetap Gubernur Jabar serta piagam,” tegasnya.

    Kejurnas Panjat Tebing ‘Piala Gubernur Jabar 2019’ dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Jabar, Ahmad Hadadi mewakili Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Dalam sambutan yang dibacakan Ahmad Hadadi, Gubernur Jabar berharap even kejuaraan bisa menjadi salah satu persiapan Jabar untuk menghadapi PON XX di 2020.

    “Kita berharap bisa mempertahankan gelar juara umum PON XX sesuai dengan visa Jabar Juara Lahir dan Bathin melalui Inovasi dan Kolaborasi. Dan untuk menjadi juara ini, masyarakat Jabar pun harus sehat tapi tidak dengan obat. Masyarakat Jabar harus sehat secara alami melalui olahraga sehingga olahraga menjadi kebutuhan, kegiatan rutin, dan memasyarakat,” pungkasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img