spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Kemarau, PWI Ciamis, PDAM Tirta Galuh, HMI Ciamis dan BJB Beri Bantuan Air Bersih Ke Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: PWI Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan PDAM Tirta Galuh Ciamis, HMI Cabang Ciamis dan BANK BJB Ciamis menggelar aksi sosial menyalurkan air bersih di Dusun Desa Kertaharja, Senin (5/8/2018)

    Kegiatan tersebut didasari dari informasi kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis, yang ditinkaklanjuti dengan kerjasama aksi peduli yang diawali penyaluran air bersih di Dusun Desa Kertaharja.

    Divisi Lingkungan Hidup HMI Cabang Ciamis Kabid Lingkungan Hidup Ihdal Husnayaen mengatakan, upaya dari HMI kedepan akan melakukan pemantauan terus dengan prediksi kemarau panjang yang disinyalir berdampak pada wilayah kekeringan yang bertambah.

    ” Kita berterimakasih ke PDAM Tirta Galuh karena bisa membantu kegiatan baksos, kita harap kedepan bisa berbuat lebih untuk masyarakat,” ucapnya.

    Sementara itu Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis Cece Hidayat mengapresiasi upaya HMI Ciamis dan PWI Kabupaten Ciamis yang berinisiasi membantu masyarakat yang kekurangan air bersih.

    “Ini bentuk sinergitas yang baik dalam upaya membantu kesulitan masyarakat yakni kesulitan air bersih,” ujarnya.

    Cece menjelaskan, masih berjalan seperti biasa, namun demikian kami kepanjangan pemerintah daerah sebagai operator bisa membantu masyarakat yang kekurangan air.

    ” Ini bukan hal yang baru, kita bekerjasama dngan BPBD sejak Juni. Namun dengan berjalan waktu kemarau panjang, kami berdiskusi dengan jajaran HMI dan PWI Ciamis, kami juga menggandeng bank Jabar, kami ingin berupaya, meringankan beban masyarakat,” ucapnya.

    Cece menuturkan pihaknya sudah berkordinasi dengan desa yang kesulitan air bersih, kita bantu air bersih. Target kita ingin 50 ribu liter, empat titik, dari target itu sepanjang musim kemarau.

    “Kita belum bisa memprediksi, Untuk sementara kita gunakan satu tengki. Kita rencananya mengirim dua titik ke Kertaharja Cimaragas, Bahwa kita sangat kondisional tergantung nanti di Kertaharja berapa. Satu tengki kalau jaraknya dekat dua titik, misal ke Banjarsari, Lakbok satu tengki saja.
    Ada satu titik lagi di Cidolog, ada persoalan mobil tangki sulit naik,” paparnya

    Ketua PWI Kabupaten Ciamis Deni Hamdani (Udex) menngungkapkan bahwa ini sinergi yang baik dengan PDAM, melalui advokasi ke bawah dari HMI Ciamis, ada juga keterlibatan BJB.

    ” Kita menindaklanjut informasi yang didapat teman-teman wartawan lapangan terkait kekeringan yang dialami masyarakat di sejumlah titik, hasil kordinasi dengan PDAM ada sekitar 50 ribu Liter Air bersih disiapkan untuk bantuan ke masyarakat, untuk pemetaanya akan kita kembangkan dengan bantuan dari HMI Ciamis,” jelasnya.

    (Moh Ezha/ DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img