spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Kejurda Selam Piala Gubernur Jabar 2019 Jadi Ajang Promosi Degradasi Atlet Pelatda PON XX

    CIREBON, FOKUSJabar.id: Kejuaraan Daerah (Kejurda) Selam antarKota/Kabupaten dan Perkumpulan ‘Piala Gubernur Jabar 2019’ dijadikan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jabar sebagai ajang promosi degradasi atlet tim Pelatda Selam Jabar untuk persiapan babak kualifikasi PON XX.

    Kejurda sendiri digelar di kolam renang Catherine Surya, komplek olahraga stadion Bima, Kota Cirebon, Jumat-Minggu (2-4/8/2019).

    ” Kejurda kali ini, diikuti oleh atlet selam yang masuk dalam komposisi tim Pelatda PON XX Jabar. Kita jadikan kejurda sebagai ajang promosi degradasi, sehingga kalau ada atlet non pelatda PON XX yang memang tampil bagus maka tidak menutup kemungkinan akan menggantikan atlet yang berada di pelatda PON XX,” ujar Ketua Harian Pengprov POSSI Jabar, Halim Utomo.

    Halim menambahkan, saat ini komposisi atlet yang bergabung dalam tim Pelatda Selam PON XX Jabar sebanyak 18 orang. Terdiri dari 9 orang atlet putra dan 9 orang atlet putri.

    ” Kita akan menyusutkan jumlah atlet di tim Pelatda Selam PON XX Jabar menjadi 16 orang dengan rincian 8 atlet putra dan 8 atlet putri sesuai dengan permintaan KONI Jabar. Meski demikian, kita berharap jumlah atlet tetap 18 orang dengan komposisi seimbang antara putra dan putri,” terangnya.

    Untuk pelaksanaan babak kualifikasi PON XX Cabor Selam, rencananya akan digelar pada bulan Oktober 2019 mendatang. Sedangkan untuk lokasi pelaksanaan  babak kualifikasi PON XX cabang olahraga selam akan digelar di Jawa Timur, antara Sidoarjo atau Pasuruan.

    ” Untuk persiapan babak kualifikasi PON XX, kita terus menggelar latihan intensif dengan sistem desentralisasi. Meski demikian, pengprov POSSI Jabar terus memantau perkembangan para atlet,” kata Halim.

    Sementara untuk pesaing, Halim menilai jika Jatim merupakan pesaing terkuat dan DKI Jakarta. Jatim sendiri merupakan pemegang gelar juara umum cabang olahraga selam pada PON XIX tahun 2016 dengan raihan 11 medali emas, 10 medali perak, dan 6 medali perunggu.

    ” Meski demikian, kita tetap akan terus berupaya untuk menampilkan yang terbaik dan meraih prestasi lebih baik dibanding PON XIX lalu. Untuk PON XX sendiri, akan dipertandingkan 28 nomor yang terdiri dari 22 nomor pertandingan di kolam dan 6 nomor pertandingan di laut,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img