spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Tekuk Banten 1-13, Tim Softball Putri Jabar Dipastikan Lolos ke Babak Kedua Kualifikasi PON XX

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Tim softball putri Jawa Barat memastikan diri lolos ke babak kedua kualifikasi PON XX/2020 cabang olahraga softball. Kepastian tersebut muncul setelah mencetak kemenangan ketiga atas tuan rumah kualifikasi PON XX, Banten dengan skor 13-1 di lapangan softball, komplek olahraga Kelapa Dua, Tanggerang, Banten, Selasa (16/7/2019).

    Pelatih tim softball putri Jabar, Beneditus M. ‘Sony’ Lahera menuturkan, performa apik yang ditampilkan pada laga kedua babak penyisihan grup C kontra Kalimantan Tengah (Kalteng) mampu dijaga anak asuhnya di laga ketiga. Bermain dihadapan pendukung tim tuan rumah kualifikasi PON XX, Banten, Syehan Hana Rahmani dan kolega mampu tampil tenang.

    “Kemenangan atas Banten memang sudah kita prediksi sebelumnya karena secara kualitas mereka masih dibawah kita. Hanya saja, skor yang diraih cukup besar itu diluar perkiraan kita,” ujar Sony saat dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (16/7/2019).

    Dengan kemenangan ketiga di babak penyisihan grup C, lanjutnya, tim softball putri Jabar pun memastikan satu tiket menuju babak kedua kualifikasi PON XX/2020 yang menerapkan sistem gugur tunggal atau single elimination. Jabar sendiri menjadi tim yang belum terkalahkan di grup C dari lima tim lainnya.

    “Laga babak penyisihan grup sendiri baru selesai pada Kamis (18/7/2019) nanti dan Jabar menyisakan dua laga, tapi Jabar dipastikan lolos ke babak berikutnya karena belum pernah kalah. Dari masing-masing grup, akan diambil empat besar yang melaju ke babak kedua,” terangnya.

    Di babak kedua kualifikasi PON XX cabang olahraga softball, empat tim teratas di masing-masing grup akan saling bertarung dengan sistem cross (silang). Peringkat 1 di grup C akan menghadapi peringkat 4 di grup D, lalu peringkat 1 di grup D melawan peringkat 4 di grup C, kemudian peringkat 2 di grup C ditantang peringkat 3 di grup D, dan peringkat 3 di grup C akan berhadapan dengan peringkat 2 di grup D.

    “Meski sudah dipastikan lolos ke babak kedua, kita tidak mau melepas dua game sisa di babak penyisihan grup yakni kontra Jateng pada Rabu (17/7/2019) besok dan Sumut pada Kamis (18/7/2019). Kita mengincar juara grup C sehingga akan mendapatkan lawan yang relatif lebih ringan yakni peringkat 4 di grup D. Prediksi kita, yang akan menempati peringkat 4 di grup D diperebutkan oleh tim Papua Barat, Lampung, Jatim atau Kaltim. Untuk juara di grup D, kemungkinan besar dihuni tuan rumah PON XX, Papua,” tegasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img