spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    DKI Jakarta Lawan Perdana Tim Softball Putri Jabar di Kualifikasi PON XX

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Tim softball putri Jawa Barat akan memulai perjuangan mereka untuk meraih tiket tampil di PON XX tahun 2020 pada babak kualifikasi cabang olahraga softball. Srikandi softball Jabar akan memulai laga perdana kontra DKI Jakarta di lapangan softball Kelapa Dua, Tanggerang, Banten, Minggu (14/7/2019) pukul 07.30 WIB.

    Pelatih tim softball putri Jabar, Beneditus Muni ‘Sony’ Lahera menuturkan, Syehan dkk tergabung di grup C dengan lima tim lain. Yakni DKI Jakarta, Kalteng, Jateng, Sumut, dan tuan rumah Banten.

    Sementara di grup D, tergabung tujuh tim. Yakni Papua, Papua Barat, Sultra, Jatim, Lampung, Kaltim, dan Sulut.

    “Total tim yang mengikuti babak kualifikasi PON XX ini sebanyak 13 tim dan dibagi dalam dua grup. Di babak penyisihan grup, akan menggunakan sistem setengah kompetisi sehingga setiap tim akan bertemu satu kali,” ujar Sony saat dihubungi melalui telepon selularnya, Sabtu (13/7/2019).

    Dari babak penyisihan grup, lanjutnya, akan diambil empat besar dari setiap grup. Tim yang menempati posisi empat besar di masing-masing grup akan disilang untuk menjalani babak kedua dengan sistem single elimination.

    “Kali ini tidak menggunakan model page system tapi memakai model baru yakni single elimination atau gugur tunggal dengan sistem cross. Peringkat 1 grup C akan menghadapi peringkat 4 grup D, lalu peringkat 1 grup D melawa peringkat 4 grup C, kemudian peringkat 2 grup C kontra peringkat 3 grup D, dan peringkat 3 grup C melawan peringkat 2 grup D,” terangnya.

    Terkait peluang melaju ke babak kedua, Sony mengaku jika Syehan dan kolega memiliki kans cukup besar. Dari lima pesaing yang bergabung di grup C, DKI Jakarta dan tuan rumah Banten diprediksi akan jadi pesaing terkuat.

    “Meski demikian, kita tetap mewaspadai kekuatan tim lain. Dan laga perdana besok hari, akan jadi laga penting untuk menentukan langkah kita di laga berikutnya,” tambahnya.

    Sementara untuk kuota tim yang lolos ke PON XX tahun 2020 di Papua, Sony menuturkan jika dari babak kualifikasi akan diambil sebanyak lima tim. Sehingga dengan tim putri Papua sebagai tuan rumah, maka pada PON XX tahun 2020 cabang olahraga softball putri akan diisi oleh enam tim.

    “Kami mohon dukungan doa dari seluruh masyarakat Jabar sehingga bisa lolos ke PON XX dan mengembalikan kejayaan cabang olahraga softball ke Tanah Pasundan. Kami beserta seluruh tim, akan berjuang semaksimal mungkin untuk mengeluarkan kemampuan terbaik demi target medali emas di PON XX tahun 2020,” tegasnya.

    Berikut jadwal lengkap pertandingan tim softball putri Jabar di babak penyisihan grup kualifikasi PON XX
    Minggu (14/7/2019) : versus DKI Jakarta
    Senin (15/7/2019) : versus Kalteng
    Selasa (16/7/2019) : versus Banten
    Rabu (17/7/2019) : versus Jateng
    Kamis (18/7/2019) : versus Sumut

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img