spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Tukang Ganjal Ban Tanjakan Gentong Terima Penghargaan Kapolres Tasikmalaya Kota

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Para pengguna jalan jalur Tasikmalaya-Bandung, begitupun sebaliknya dipastikan melintasi tanjakan Gentong yang berlokasi di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

    Saat melintasi tanjakan maut tersebut, tak sedikit kendaraan yang mengalami masalah. Baik itu, mati mesin, tidak kuat naik atau berhenti mendadak di tengah jalan.

    Para pengemudi tak usah gugup atau takut saat kendaraan kita mogok. Pasalnya, di sana ada sekelompok orang yang dengan cekatan langsung mengganjal ban mobil dan melakukan bantuan.

    Mereka adalah tim ganjal ban Gentong yang bekerja secara sukarela. Artinya, tidak mengharapkan imbalan saat membantu dan menyelamatkan kendaraan yang berhenti (mogok) di tengah jalan.

    Koordinator tim Ganjal Ban Gentong, Yusuf Aip Syaripudin mengatakan, dia bersama rekan-rekannya bekerja sukarela untuk membantu kendaraan yang mogok.

    ” Kita beranggotakan 30 orang. Setiap hari memantau mobilitas kendaraan yang melintas tanjakan Gentong. Jika ada yang berhenti mendadak, kami langsung mengganjal ban mobil dengan alat yang sudah kita siapkan. Kami pekerja sosial, tidak memungut biaya sepeserpun. Kami menerima seikhlasnya pemilik kendaraan yang mogok,” kata Ayi.

    Meski sebagai pekerja sosial lanjut Ayi, pihaknya bekerja  profesional dan memakai atribut lengkap (Ropi dan pluit) bantuan dari pihak Kepolisian.

    ” Saya sudah hampir 20 tahun menggeluti profesi ini. Kami mencintai pekerjaan ini, karena bisa membantu para pengendara dan sekaligus meringkan tugas polisi memperlancar arus lalu lintas,” ucap Ayi.

    ” Alhamdulillah, kerja jadi tukang ganjal ban, saya bisa menafkahi keluarga dan menyekolahkan anak,” sambung dia.

    Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Febry Ma’ruf Kurniawan menyebut, Ayi dan kawan-kawan diberikan penghargaan karena mereka memiliki kontribusi besar dalam membantu tugas Kepolisian memperlancar lalu lintas di jalur Gentong.

    ” Mereka berjasa besar untuk menyelamatkan pengguna jalan sekaligus membantu kami. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka,” jelas Febry.

    Menurut Kapolres, pada puncak peringatan HUT ke-73 Bhayangkara, pihaknya juga memberikan penghargaan ke sejumlah pihak serta elemen masyarakat lainnya karena turut andil membantu kelancaran tugas-tugas kepolisian.

    ” Kami tidak akan mampu bekerja tanpa dukungan dan partisipasi dari semua pihak. Terima kasih atas sinergitas dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” pungkasnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img