spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    Dilepas ke Babak Kualifikasi PON XX, Softball dan Baseball Diharapkan Sumbang Medali Emas

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Tim softball putra-putri dan tim baseball putra Jabar secara resmi dilepas menuju babak kualifikasi PON XX/2020.

    Pelepasan dilakukan langsung oleh Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Jabar, Verdia Yosef serta Ketua Umum Pengprov Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jabar, Fachrudin di SOR Squash, Jalan Lodaya Kota Bandung, Selasa (9/7/2019) malam lalu.

    Tim softball putri akan menjalani babak kualifikasi PON XX lebih dulu yakni 14-22 Juli 2019 di Tangerang. Sedangkan tim softball putra akan melakoni laga kualifikasi PON XX pada 22-30 Juli 2019 di Tangerang berbarengan dengan tim baseball putra yang digelar di Senayan, Jakarta.

    Ketua Umum Pengprov Perbasasi Jabar, Fachrudin menuturkan, tim softball putra dan putri serta tim baseball putra sudah menjalani latihan rutin sejak enam bulan lalu untuk menghadapi babak kualifikasi PON XX. Komposisi tim, baik softbal maupun baseball, merupakan atlet-atlet terbaik Jabar yang sudah menorehkan prestasi cukup baik dalam dua tahun terakhir.

    Untuk tim softball putri dihuni oleh 15 atlet, sedangkan tim softball putra diisi oleh 16 pemain. Sedangkan tim baseball terdiri dari 20 atlet.

    “Semua persiapan sudah kita lakukan dan Jabar sudah sangat siap. Tim softball kita merupakan tim juara dalam dua tahun terakhir pelaksanaan kejurnas junior, terutama di putri. Begitu pun di baseball. Semoga prestasi tersebut bisa kembali diulang pada babak kualifikasi dan di PON XX tahun 2020 mendatang di Papua dengan meraih medali emas,” ujar Fachrudin saat ditemui wartawan.

    Kegagalan cabang olahraga softball dan baseball meraih medali emas di tiga gelaran PON terakhir, menjadi evaluasi tersendiri bagi kepengurusan Perbasasi Jabar yang baru. Terakhir kali cabang olahraga softball dan baseball menyumbangkan medali emas bagi Jabar di PON, yakni pada saat edisi ke-17 tahun 2004 di Palembang, Sumatera Selatan.

    “Ini menjadi tantangan bagi kami untuk mengembalikan dominasi softball dan baseball Jabar di level nasional. Target awal kita juara di babak kualifikasi, lalu medlai emas di PON XX tahun 2020 di Papua. Untuk pesaing, masih di tim kuat seperti Jakarta, Banten, Lampung, dan Sulawesi Tenggara. Saya optimistis Jabar bisa bersaing di level teratas,” tegasnya.

    Wakil Ketua II Binpres KONI Jabar, Verdia Yosef menuturkan, sebanyak enam cabang olahraga sudah dan akan melakukan babak kualifikasi PON XX. Dengan kondisi tim saat ini, pihaknya punya keyakinan jika tim softball dan baseball Jabar mampu bersaing pada babak kualifikasi sekaligus merebut medali emas pada PON XX tahun 2020 di Papua.

    “Untuk cabang olahraga beregu, ada sekitar 13 cabang olahraga dan punya peluang untuk meraih medali emas di PON XX nanti. Minimal, cabang olahraga beregu bisa menyumbangkan 20 persen medali emas dari total bnomor yang dipertandingkan. Kami harap softball dan baseball bisa meraih medali emas sehingga Jabar bisa mempertahankan titel juara umum di PON XX. Saya punya keyakinan jika softball dan baseball ini mampu sumbang emas,” pungkas Yosef.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img