spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Pemkab Ciamis Tak Jadi Bangun RS di Banjarsari Masyarakat Kumpulkan Donasi

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Masyarakat Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis mengumpulkan donasi untuk pembangunan rumah sakit di daerah setempat, Rabu (10/7/2019). Mereka menilai rumah sakit sangat mendesak dibangun di Banjarsari.

    Koordinator aksi kumpulkan donasi, Asep Davi mengatakan, aksi itu berawal dari keprihatinan masyarakat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis tidak jadi membangun Rumah Sakit Banjarsari padahal anggarannya sudah dialokasikan. Lantaran tersendat di pembebasan lahan.

    “Gak tahu waktu itu perosesnya seperti apa, dana untuk Rumah Sakit Banjarsari tidak terserap, dikembalikan menjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun (SILPA). Artinya kan kembali ke kas daerah. Tetapi tahun 2019 ini malah tidak jelas. Rumah Sakit Kawali malah sudah jadi,” kata Asep kepada FOKUSJabar.id melalui sambungan telepon.

    Padahal lanjutnya, kalau berbicara waktu tempuh dari Ciamis ke Kawali dan dari Ciamis ke Banjarsari lebih jauh jarak tempuh Ciamis ke Banjarsari. Jika dari Ciamis ke Kawali waktu tempuh hanya 30 menit. Sementara dari Ciamis ke Banjarsari butuh waktu sekitar satu setengah jam.

    “Layanan kesehatan di Ciamis selatan yang meliputi Kecamatan Banjarsari, Purwadadi, Banjaranyar, Lakbok, dan Pamarican perlu ditingkatkan lebih baik. Masyarakat di wilayah itu jangan hanya dilayani oleh unit sekelas Puskesmas,” ujar Asep.

    Dia juga mengungkapkan, ada aturan pasien pengguna BPJS di Ciamis selatan yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Ciamis harus menggunakan ambulan, sementara biaya sewa ambulan Rp 700 ribu.

    “Pernah ada pasien Puskesmas Banjarsari mengeluh karena harus pakai ambulan, padahal saudaranya punya mobil. Tidak semua pasien BPJS sanggup membayar biaya ambulan. Belum lagi biaya keluarga yang bolak-balik menunggu pasien,” beber Asep.

    Asep menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis harus proporsional. Masyarakat di wilayah Ciamis selatan justru lebih membutuhkan rumah sakit.

    Saat ini, kata dia, uang donasi yang sudah terkumpul sekitar Rp 4 juta. Selain menggelar aksi mengumpulkan donasi, pihaknya bersama belasan organisasi masyarakat (Ormas) akan menggelar audiensi ke Pemda Kabupaten Ciamis.

    “Uang hasil donasi kami, akan kami berikan kepada Pemda Ciamis, barangkali buat pembebasan lahan dan membangun Rumah Sakit Banjarsari secepatnya,” tegas Asep.

    (Ibenk/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img