spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Bulan Ini, Dispora Jabar Kembali Gelar Kejuaraan Piala Gubernur

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Rangkaian kejuaraan Piala Gubernur akan segera digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar mulai bulan April 2019. Pada tahun ini, kejuaraan akan digelar di 12 cabang olahraga dan mengalami peningkatan dibanding tahun 2018.

    Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Prestasi pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Jabar, Ariadi menuturkan, pada tahun 2018, kejuaraan bertajuk Piala Gubernur Jabar hanya digelar di enam cabang olahraga. Dan di tahun 2019, kejuaraan akan digelar di 12 cabang olahraga yakni tenis meja, futsal, bola voli pasir, bola voli indoor, balap sepeda trek (velodrome), ski air, panjat tebing, tinju, wushu, hoki, selam, dan squash.

    “Kejuaraan Piala Gubernur ini akan dimulai pada bulan April ini yakni di cabang olahraga tenis meja yang akan digelar pada tanggal 18 sampai 21 April. Disambung dengan futsal (21-25 April), bola voli pasir (22-25 April), dan balap sepeda trek (26-28 April),” ujar Ariadi saat ditemui di komplek olahraga SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (9/4/2019).

    Usai pelaksanaan di empat cabang olahraga pada bulan April 2019, lanjutnya, kejuaraan Piala Gubernur Jabar akan kembali digelar usai Hari Raya Idul Fitri . Yakni di delapan cabang olahraga yang lain.

    “Usai lebaran, kejuaraan akan kembali digelar pada bulan Juni sampai Agustus 2019,” tambahnya.

    Untuk kejuaraan Piala Gubernur tahun 2019, Ariadi mengaku ada perubahan dari sisi persyaratan atlet. Pada gelaran tahun sebelumnya, kejuaraan lebih diarahkan untuk atlet-atlet pelajar atau atlet junior.

    “Tapi untuk tahun ini, persyaratan atlet yang mengikuti kejuaraan disesuaikan dengan kebutuhan di setiap cabang olahraga. Apakah mau antar klub, antar pengcab, atau open turnamen. Atau dalam rangka persiapan menuju PON XX,” tuturnya.

    Dengan pelaksanaan kejuaraan Piala Gubernur Jabar, pihaknya berharap bisa mendorong terciptanya prestasi di setiap cabang olahraga. Salah satunya untuk mempertahankan prestasi juara umum di ajang PON XX tahun 2020.

    “Kami hanya memfasilitasi, untuk teknis pelaksanaan pertandingan serta persayaratan teknis lain diserahkan kepada pengurus cabang olahraga bersangkutan. Semoga kejuaraan Piala Gubernur ini bisa mendukung cabor untuk mempersiapan atletnya menghadapi PON XX,” pungkasnya. (ageng)

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img