spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Dapat Catatan dari Ombudsman, Emil Minta Maaf

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menegaskan bahwa tidak ada sedikitpun niat dirinya untuk tidak mematuhi standar aturan (Prosedur Operasional Standar) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2018/2019.

    Demikian disampaikan Emil menanggapi siaran pers Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Selasa (2/4/2019) lalu.

    Dalam siara persnya Ombudsman menyatakan ajakan kepada semua pihak agar mematuhi aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah, khususnya terkait Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) Tahun Pelajaran 2018/2019.

    Pada salah satu poinnya menyebutkan, untuk Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang dapat masuk ruang ujian hanya peserta ujian dan pengawas, begitupun untuk UNBK hanya peserta, pengawas, proktor, dan /atau teknisi yang dapat masuk ruang ujian.

    Untuk itu Emil menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan pada kunjungan monitoring UNBK ke sekolah kemarin.

    Dia mengaku bahwa kunjungan monitoring UNBK ke SMKN 3 Bandung dan SLB Wiyata Guna (27/3/19 dan 2/4/19) bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanakan ujian nasional berjalan baik. Termasuk melihat kesiapan kelengkapan sarana dan prasarananya.

    “Kehadiran saya di sana ingin memberikan support dan motivasi pada peserta didik, yang sedang melaksanakan UN dan saya sebelumnya telah mendapat izin untuk masuk dan melihat lebih dekat peserta ujian,” kata Emil di Bandung, Kamis (4/4/2019).

    Emil pun menyampaikan permohonan maaf kepada peserta didik dan guru di SLB karena telah mengganggu pelaksanaan ujian.

    Di sisi lain, Emil mengapresiasi Ombudsman Jawa Barat yang telah melakukan peran dan fungsinya dalam melakukan monitoring pelaksanaan UNBK di Jawa Barat.

    Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika.

    “Ini catatan penting untuk dapat menyelenggarakan Ujian Nasional dengan lebih baik lagi,” kata Dewi.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img