spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Juara Umum Kompetisi Klub Olahraga Pelajar Cabor Tarung Derajat

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kontingen Kota Bandung raih juara umum Kompetisi Klub Olahraga Pelajar tingkat Jabar Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat yang berakhir Jumat (29/3/2019) kemarin di Laga Tangkas SPOrTJ Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung.

    Kota Bandung menjadi pengumpul medali terbanyak dengan rincian 6 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu.

    Kota Bandung berhasil mengalahkan Kota Bekasi dengan raihan 3 medali emas. Sedangkan peringkat tiga ditempati Kabupaten bandung dengan raihan 2 medali emas, 2 medali perak,dan 2 medali perunggu.

    Enam medali emas bagi Kota Bandung, dua medali emas disumbangkan dari nomor gerak tarung putra dan nomor gerak bertahan menyerang putra. Sedangkan empat medali emas lainnya disumbangkan dari nomor tarung.

    Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara mengaku, keberhasilan atletnya sebagai pembuktian program pembinaan dan hasil dari proses latihan panjang serta teratur yang dilakukan para atlet.

    ” Kalau melihat peta persaingan di Jabar, sebenarnya cukup merata. Tapi hasil ini membuktikan jika kita memang masih unggul dibanding daerah lain. Selain itu, diharapkan jadi motivasi juga bagi daerah lain untuk terus mengembangkan olahraga beladiri asli Jabar ini sekaligus memberikan sarana bagi generasi muda ke kegiatan positif dan terhindar dari kenakalan remaja maupun narkoba,” ujar Ferdi.

    Lanjut Ferdi, atlet tarung derajat pelajar asal Kota Bandung layak untuk masuk dalam komposisi atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jabar. Pasalnya, selain sebagai ajang kompetisi, kejuaraan yang berlangsung pun menjadi salah satu ajang seleksi untuk program PPLP Jabar 2019.

    ” Atlet peraih medali emas, terutama dari Kota Bandung layak masuk PPLP Jabar. Mereka sudah menunjukkan kualitasnya pada kompetisi klub olahraga pelajar ini,” tegasnya.

    Seperti diketahui, Kompetisi Klub Olahraga Pelajar tingkat Jabar Cabor Tarung Derajat mulai digelar Kamis (28/3/2019) lalu, mempertandingkan sebanyak 22 nomor yang terdiri dari 7 kelas nomor tarung putra, 6 kelas nomor tarung putri, serta 4 kelas nomor seni gerak putra dan putri.

    Kompetisi diikuti oleh 172 atlet Tarung Derajat pelajar yang mewakili 25 Pengcab Kodrat Kota/Kabupaten di Jabar. Sebanyak 134 atlet berlaga di nomor tarung, sedangkan 38 atlet berkompetisi di nomor seni gerak.

    ” Para atlet ini menjadi atlet masa depan bagi Tarung Derajat Jabar untuk berbagai even di level nasional. Salah satunya PON. Kompetisi ini selain menjadi ajang evaluasi hasil pembinaan di daerah, juga menjadi ajang silaturahmi diantara atlet maupun pengurus Kodrat kota/kabupaten se-Jabar,” pungkas Ketua Umum Pengprov Kodrat Jabar, Yerry Yanuar.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img