spot_img
Selasa 21 Mei 2024
spot_img
More

    Rakerda ke 2, SMSI Jabar Bahas Verifikasi Media

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat akan menggelar Rapat Kerja Daerah (rakerda) ke-2 di el Royal Hotel, Jalan Merdeka no 2, Rabu (27/3/2019).

    Selain menghadirkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil), akan hadir juga Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua Umum SMSI Pusat Auri Jaya.

    “Ratusan pemilik media online anggota SMSI Jabar akan hadir dalam Rakeda tersebut,” kata Ketua Panitia Rakerda ke 2 SMSI Ahmad Syukri di Bandung, Senin (25/3/2019).

    Tidak hanya membahas seputar verifikasi media dan hukum pers, Rakerda kali ini pun diisi dengan diskusi tentang tantangan, peluang dan prospek media siner di era industri 4.0.

    Sementara itu, Ketua SMSI Jabar Hardiyansyah (Andhy) mengatakan bahwa Rakeda yang akan digelar nanti adalah program kerja rutin SMSI Jabar guna menciptakan perusahaan media siber yang sehat dan berintegritas.

    “Kami terus berupaya menciptakan media siber yang profesional dan berintegritas. Selain itu, SMSI juga berusaha membantu perusahaan media online menuju profesional, berkualitas dan menonjolkan karya jurnalistik yang baik,” kata Andhy di Sekretariat SMSI Jabar Jalan Panaitan No 23, Kota Bandung.

    Terlebih saat ini, ketergantungan masyarakat terhadap media siber semakin tinggi. Apalagi media siber mampu menginformasikan persitiwa besar dalam waktu sangat singkat.

    ” Namun sayangnya tidak semua media bisa menjadi referensi yang bisa dipercaya. Terlebih dengan banyaknya berita hoaks yang lolos dari ruang redaksi,” kata dia.

    Dalam catatan dewan pers, kata dia, saat ada sekitar 47 ribu media massa berbasis internet di Indonesia.

    Namun sebagian besar tidak dikelola secara profesional bahkan tidak menghormati etika dan hukum jurnalistik.

    “Sebagai wadah perusahaan-media online di Jawa barat, SMSI memiliki peran sangat penting dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img