spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Festival Judo, Kejuaraan Judo Pertama yang Digelar di Mall Besar 

    KARAWANG, FOKUSjabar.co.id: Ratusan orang mengelilingi matras Judo di lobby salah satu pusat pertokoan terbesar di Karawang, Resinda Park Mall, Jalan  Akses Tol Karawang Barat, Purwadana, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang.

    Foto Ageng

    Digelar sejak Sabtu (23/2/2019) kemarin, kegiatan bertajuk ‘Festival Judo dan Dance Competion 2019’ ini mampu menyedot animo masyarakat, khususnya warga Karawang, mengenal dan mengetahui kegiatan Judo.

    Ketua Panitia Pelaksana, Arnold Silalahi menuturkan, kegiatan kompetisi Judo yang dipadukan dengan kompetisi tari menjadi yang pertama digelar di area pusat pertokoan.

    Selain memberikan ajang kompetisi bagi para atlet Judo dari seluruh Indonesia, kompetisi ini pun menjadi ajang mengenalkan dan mempromosikan olahraga Judo kepada masyarakat umum.

    ” Jadi ada dua tujuan kita menggelar kegiatan ini. Yakni, pembinaan dan ajang promosi. Alhamdulillah, animo masyarakat sangat tinggi melihat pertandingan Judo,” kata Arnold saat ditemui di sela-sela kejuaraan, Minggu (24/2/2019).

    Arnold menambahkan, sebagai ajang pembinaan, peserta pada kejuaraan kali ini dibatasi hanya untuk kelompok SD dan SMP. Yang terbagi dalam tiga kategori. Yakni, kelompok usia SD kelas 1-3, kelas 4-6 dan kelompok usia SMP.

    ” Meski kita batasi hanya untuk SD dan SMP, namun atlet yang ikut cukup banyak mencapai sekitar 500 atlet. Tidak hanya dari wilayah Jabar, tapi juga dari luar Jabar bahkan luar negeri. Untuk peserta luar negeri, berasal dari Singapura, Amerika, Kanada, Taiwan, dan Cina. Malaysia dan Uzbek batal karena masalah visa.”  tegasnya.

    Digelar di kawasan pertokoan, beberapa atlet mengaku cukup senang. Berlaga di atas matras judo di lobby pusat pertokoan terbesar di Karawang dan disaksikan masyarakat umum pun menjadi pengalaman pertama bagi mereka.

    ” Seru main di mall, rame juga. Hanya saja kalau maen disini kaku karena dingin pake AC, beda dengan di GOR,” ujar atlet asal klub Judo Taruna Karawang, Rafi Fadilah (13).

    Hal senada juga diungkapkan atlet asal Unitex Kota Bogor, Hera Haerunianingsih (8). Berlaga dihadapan masyarakat umum pengunjung mall, membuatnya semakin bersemangat untuk menampilkan kemampuan terbaik.

    ” Main di sini banyak yang teriak nyemangatin. Jadinya rame juga tambah semangat,” tutur Hera.

    Selain kompetisi Judo antar SD dan SMP, kegiatan pun diramaikan oleh kompetisi dance yang mengangkat tema Judo atau beladiri. Disela kegiatan, para atlet dan masyarakat pengunjung mall pun dihibur dengan penampilan salah satu band papan atas Indonesia, Utopia.

    Band asal Bandung yang beraliran rock dan terbentuk 8 Agustus 2002 itu pun membawakan beberapa lagu termasuk hits mereka seperti Serpihan HatiHujan, serta Antara Ada dan Tiada. Usai ‘digoyang’ dengan penampilan Utopia, para atlet pun kembali berkompetisi dan dilanjutkan dengan kompetisi dance.

    Festival Judo pun masih menyisakan beberapa partai pertandingan dari total 44 kelas yang dipertandingkan dan rencananya akan usai sekitar pukul 21.00 WIB.

    (ageng/bam’s)  

    Berita Terbaru

    spot_img