spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Tokoh Olahraga Jabar Borong Penghargaan Golden Award SIWO PWI 2019

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Sejumahlah tokoh olahraga Jawa Barat mendapat penghargaan pada Golden Award SIWO PWI 2019 yang digelar di Gedung Granadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/2/2019) lalu.

    Kegiatan penganugerahan penghargaan tersebut menjadi salah satu rangkaian Hari Pers Nasional 2019.

    Penghargaan bagi tokoh olahraga Jabar tersebut diterima Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin untuk kategori penghargaan KONI Provinsi Terdinamis karena prestasi yang telah dipersembahkan untuk daerah dan nasional. Penghargaan pun diserahkan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

    Seperti diketahui, selama kepemimpinan Ahmad Saefudin di KONI Jabar, provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak tersebut berhasil meraih berbagai prestasi di bidang olahraga. Mulai dari juara umum Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat, juara umum Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2016, dan menjadi penyumbang atlet terbanyak sekaligus peraih medali terbanyak pada Asian Games 2018.

    Selain Ahmad, peraih medali emas Asian Games 2018 di cabang olahraga pencak silat kelas C (55-60 kg) putra, Hanifan Yudani Kusumah pun terpilih sebagai atlet favorit. Selain meraih emas, Hanifan pun dia dinilai telah ‘menyatukan Indonesia’ dengan memeluk Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan bertarung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

    Aksi yang dilakukan Hanifan usai memastikan medali emas di kelas C putra pun menjadi viral di jagat dunia maya serta mewarnai pemberitaan berbagai media nasional maupun internasional. Hanifan dinilai mampu membuktikan jika olahraga bisa menyatukan dua tokoh nasional tersebut.

    Penghargaan lain pun diraih Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Naser yang meraih penghargaan bupati peduli olah raga. Dadang dinilai menjadi pembina olahraga di Kabupaten Bandung yang peduli terhadap kemuajuan olahraga sehingga para atletnya mampu meraih mendali pada Asian Games 2018, salah satunya Hanifan.

    Lalu peraih medali emas Asian Para Games 2018 asal Jabar, Tati Kaharti pun terpilih sebagai atlet disabilitas favorit putri. Sedangkan Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jabar, dan Pangdam III/Siliwangi, mendapat penghargaan sebagi pendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 lalu. Dan terakhir yakni tim Persib Bandung U-16 yang meraih juara pro academy Liga U-16 tahun 2018 menggondol penghargaan sebagai Tim Harapan mengalahkan seniornya, Persib U-19 yang menjadi juara Liga I U-19 2018.

    “Penghargaan ini menjadi bukti otentik jika pembinaan keolahragaan di Jabar sudah berjalan on the track. Kinerja KONI Jabar pun diakui secara nasional dan mendapat tempat terhormat melalui pembinaan olahraga berprestasinya,” ujar Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin saat dihubungi melalui telepon selularnya, Minggu (10/2/2019).

    Ahmad menambahkan, selama ini kontribusi atlet Jabar di tingkat nasional merupakan yang terbesar dibanding provinsi lain. Bahkan sejumlah atlet binaan KONI Jabar pun mampu memberikan prestasi bagi Indonesia di kejuaraan tingkat internasional.

    “Ini menunjukan KONI Jabat telah menjalankan program dengan tepat sekaligus menunjukan juga jika pengurus cabang olahraga di Jabar telah memahami proses pembinaan atletnya,” tambahnya..

    Dengan kebrehasilan tersebut, Ahmad mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan olahraga di Jabar yang telah bekerja dengan tulus dan tepat. Sistem pembinaan keolahragaan yang sudah direncanakan dan diprogramkan bersama, telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

    “Ini bukan akhir, kami berharap masyarakat dan pemerintah terus memberikan dukungan agar olahraga tetap menjadi bagian dari pembangunan. Tanpa dukungan masyarakat dan pemerintah, KONI Jabar tidak akan mungkin mencapai prestasi seperti yang telah diraih saat ini dan bisa terus melahirkan serta mencetak prestasi yang lebih baik lagi kedepan,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img