spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Jabar Jadi Favorit Para Investor, Ini Kata Emil

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Provinsi Jawa Barat masih menjadi lokasi favorit bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai penanaman modal asing (PMA) di Jawa Barat mencapai US$ 5,57 milyar, dengan 4.713 proyek.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menyebut ada tiga alasan yang membuat investor asing menyukai Jabar. Pertama, karena infrastrukturnya sangat baik, dan konsumennya atraktif.
    Kedua letak Jabar dekat dengan Jakarta.

    “Jadi ada keuntungan secara geografis, dan ketiga reformasi peraturan,” kata Emil, Rabu (30/1/2019).

    Untuk mendorong investasi di Jabar, Emil pun senantiasa mendorong special economic zone (SEZ), atau juga dikenal Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di sejumlah titik di Jawa Barat. Seperti di Sukabumi, Pangandaran, Subang, dan Majalengka.

    “KEK, kini dipermudah dengan catatan memiliki luas lahan 200 hektare, dapat difokuskan untuk industri terpilih,” jelas dia.

    Keberadaan KEK, menurut Emil, bisa meringankan beban investor dengan berkurangnya beban pajak. Pemerintah pusat juga akan mendukung berdirinya KEK dengan membangun infrastruktur pendukung.

    Hal lain yang tengah benar-benar didorong Emil yaitu konektivitas.

    Maka, kata dia, keberadaan Pelabuhan Patimban, dan pengembangan sejumlah Bandar Udara di Jawa Barat akan mendukung konektivitas perpindahan barang maupun orang.

    “Jadi kombinasi infrastruktur melalui KEK yang akan saya tawarkan,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img