spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Sebanyak 60 Anak di Cimahi Berhadapan dengan Hukum

    CIMAHI, FOKUSJabar.id: Sebanyak 60 anak di Kota Cimahi berhadapan dengan hukum. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Sosial Dinsos P2KBP3A Kota Cimahi Agustus Fajar di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (11/1/2019).

    “Dibandingkan dengan jumlah penduduk memang relatif kecil, tapi kita tentunya merasa prihatin. Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Cimahi ada 60 anak, dari usia 12-18 tahun,” ungkap Fajar.

    ABH adalah yang melakukan tindakan pidana maupun anak yang menjadi korban pidana.

    Termasuk yang menjadi saksi, ketika dia melihat orang mencuri misalnya.

    Fajar mengatakan, jumlah tersebut didapat dari berbagai sumber, seperti dari Perlindungan Rehabilitasi Sosial Anak Berhadapan dengan Hukun Berbasis Masyarakat (PRSABH-BM) dan kepolisian.

    Dia menyebut bahwa anak sekarang sangat rentan berhadapan dengan hukum, pihaknya menduga, faktor lingkungan menjadi penyebab paling besar.

    “Anak sekarang mudah terpengaruh. Misalnya mereka nongkrong, yang memungkinkan merencanakan hal di luar normal,” tuturnya.

    Untuk meminimalisasi hal tersebut, lingkung keluarga tentunya menjadi aspek paling memungkinkan untuk menangkal anak dari masalah hukum.

    Selain keluarga terdekat, tentunya peran aparatur setempat hingga pemerintah kota dibutuhkan untuk menangkal anak agar tidak melakukan hal yang negatif.

    “Kita sering menyampaikan bahwa ruang lingkung perlindungan anak itu dimulai dari keluarga,” kata dia.

    (Achmad Nugraha/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img