spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Diduga Mata-mata, Polandia Tahan Warga Cina Pegawai Huawei

    POLANDIA, FOKUSJabar.id: Otoritas Polandia menahan seorang warga Cina yang bekerja sebagai pegawai Huawei atas tuduhan spionase. Seorang warga Polandia yang berprofesi sebagai spesialis bisnis siber juga ikut amankan.

    penangkapan itu dilaporkan oleh kantor berita Polandia, PAP, pekan ini. Identitas keduanya tidak diungkap ke publik. Namun PAP melaporkan keduanya ditangkap atas dugaan menjadi mata-mata.

    “Warga negara Cina itu merupakan seorang pengusaha yang bekerja pada perusahaan elektronik besar … warga Polandia merupakan seseorang yang dikenal di kalangan terkait bisnis siber,” sebut Wakil Kepala Dinas Khusus Polandia, seperti dilansir Detik. Jumat (11/1/2019).

    Sementara itu, televisi Polandia TVP, melaporkan bahwa otoritas keamanan Polandia telah menggeledah kantor lokal milik perusahaan telekomunikasi ternama Cina, Huawei Technologies Co Ltd. Penggeledahan juga dilakukan terhadap kantor perusahaan telekomunikasi Orange Polska, tempat kerja warga Polandia yang ditangkap itu.

    Belum ada tanggapan dari Huawei maupun Orange Polska terkait laporan ini.

    Dalam laporannya, TVP menyebut warga Polandia yang ditangkap merupakan seorang mantan agen intelijen pada Badan Keamanan Internal. Laporan ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img