spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Australia Imbau Warga di RI Waspada Jelang Pengakuan Yarusalem

    AUSTRALIA, FOKUSJabar.id: Pemerintah Australia mengimbau warga negaranya yang akan atau sedang berada di Indonesia untuk berhati-hati menjelang rencana Australia untuk mengumumkan keputusan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

    “Puluhan warga Australia yang bersiap-siap untuk berangkat ke Bali dan sejumlah destinasi pulau tropis lainnya selama liburan musim panas mendatang harus berhati-hati dan waspada tingkat tinggi,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Australia, Kamis (14/12/2018).

    Seorang sumber mengatakan kepada AFP bahwa Perdana Menteri Scott Morrison diperkirakan akan mengumumkan keputusan kontroversial itu secepatnya pada Sabtu (15/12/2018).

    Melansir CNN, Jumat (14/12/2018), relasi Indonesia-Australia memang merenggang setelah pemerintah Australia memutuskan mempertimbangkan rencana memindahkan kedutannya untuk Israel ke Yerusalem.

    Indonesia, sebagai pendukung Palestina, menentang keras rencana Australia tersebut yang dianggap semakin mengancam prospek perdamaian Israel-Palestina.

    Selain itu, pemerintah indonesia menilai langkah kontroversial yang terinspirasi dari Amerika Serikat itu melanggar hukum internasional.

    Tak lama setelah rencana kontroversial itu diumumkan Morrison, Indonesia langsung menerbitkan pernyataan kecaman hingga memanggil duta besar Australia di Jakarta.

    Indonesia bahkan mengancam rencana Negeri Kangguru itu bisa mempengaruhi proses penyelesaian perjanjian perdagangan bernilai US$11,4 miliar (sekitar Rp17,3 triliun) dengan Australia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img