spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar Masuki Tahap Penlok

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono mengatakan, rencana pembangunan tol Bandung-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar, memasuki tahapan penentuan lokasi (penlok).

    Basuki mengatakan, setelah dilakukan studi, penlok tol Bandung-Tasikmalaya-Banjar ini akan diajukan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

    Dia berharap lelang proyek pembangunan jalan tol tersebut dilakukan pada 2019.

    “Tahun 2019 akan ditenderkan, saat ini sedang di penlok dan nanti kami ajukan ke Pak Gubernur,” kata Basuki di halaman Gedung Sate Bandung, Senin (3/12/2018).

    Basuki mengatakan, pendanaan pembangunan jalan tol di Pulau Jawa, termasuk Bandung-Banjar ini, berupa investasi. Hal ini disebabkan ekonomi di Pulau Jawa ini sudah berkembang pesat.

    ” Tol di Jawa ini kebanyakan investasi,” kata dia.

    Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum berharap di ulang tahun PUPR ke-73 ini, akan semakin banyak proyek pembangunan nasional yang dikerjakan di Jawa Barat. Sehingga, masyarakat akan merasakan dampak pembangunan nasional.

    ” Apalagi Presiden akan memprioritaskan Jabar untuk tahun yang akan datang,” kata Uu.

    Mengenai jalan tol penghubung Bandung, Tasikmalaya, sampai Banjar, tersebut, Uu mengatakan jika akan dilelangkan pada awal 2019, maka diharapkan proses pembangunannya bisa cepat dan tidak ditunda-tunda lagi.

    Menurut dia, arus lalu lintas di jalan utama Bandung-Tasikmalaya- Banjar sudah sangat padat dan membutuhkan solusi untuk mengurainya. Kemacetan pun menjadi hal yang biasa saat masa libur, seperti Idul Fitri dan tahun baru.

    Jalur tersebut pun, katanya, sangat penting untuk mendistribusikan logistik seperti bahan pangan dari kawasan Priangan Timur ke Bandung atau Jakarta. Jika ada jalan tol, jalur distribusi akan jauh lebih cepat dan menekan angka inflasi.

    Jalan tol ini rencananya akan dibangun dengan jalur Gedebage, Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, bahkan akan ditembuskan sampai Cilacap di Jawa Tengah.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img