spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Dispora Jabar Ajukan Cabor Olympic Gelar Kejurda Piala Gubernur di Tahun 2019

    BANDUNG, FOKUSJabar.id:  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat menargetkan bisa menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Piala Gubernur Jabar untuk cabang olahraga (Cabor) olympic di tahun 2019. Cabor olympic berisi cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade.

    Olimpiade adalah multieven olahraga empat tahunan terbesar di dunia yang penyelenggaraannya diatur oleh Komite Olahraga Internasional atau Internasional Olympic Commite (IOC). Untuk Cabor,  IOC menetapkan sekitar 35 Cabor yang masuk kategori olympic dan terbagi dua di Olimpiade musim dingin dan panas.

    “Jadi untuk tahun 2019, kita sudah ajukan Cabor olympic ini untuk dipertandingkan dalam kejurda Piala Gubernur Jabar. Setidaknya ada 30 Cabor , sehingga dalam satu bulan bisa digelar satu sampai dua Kejurda Piala Gubernur Jabar,”  kata Kepala Dispora Jabar Yudha M Saputra seusai pelaksanaan Kejurda Piala Gubernur Jabar 2018 Cabor Gulat di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (22/11/2018).

    Gelaran Kejurda Piala Gubernur Jabar, lanjutnya, lebih ditujukan untuk evaluasi pembinaan olahraga yang dilakukan oleh kota/kabupaten di Jabar. Terlebih pembinaan bagi atlet-atlet dalam kategori usia dini, remaja, dan kadet atau masih dalam kategori pelajar.

    “Kompetisi atau kejuaraan itu sangat penting dalam sebuah proses pembinaan sebagai ajang evaluasi hasil pembinaan. Dan itu maksimal digelar empat kali dalam satu tahun yang terbagi untuk tingkat daerah dan nasional. Jangan terlalu banyak juga karena akan merusak atlet,” tuturnya.

    Khusus kejurda dengan titel Piala Gubernur Jabar, menjadi fasilitas bagi atlet-atlet kelompok pelajar mengasah kemampuan hasil latihan yang dilakukan. Melalui kejurda bertitel Piala Gubernur Jabar ini, diharapkan bisa muncul atlet-atlet kategori pelajar yang menjadi tulang punggung Jabar di even nasional. Baik Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) maupun Pekan Olahraga Nasional (PON).

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img