spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Lumpuh 4 Tahun, TKI ini “Tertahan” di Taiwan

    TAIWAN, FOKUSJabar.id: Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Shinta Danuar dikabarkan sudah empat tahun sakit keras di Taipei, Taiwan dan belum bisa dipulangkan ke Indonesia. Pemerintah disebut tengah berupaya memulangkan warga Banyumas, Jawa Tengah itu.

    Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Dedi Sumedi, menuturkan Shinta dirawat sejak 31 Desember 2014 lalu karena didiagnosa terserang virus di tulang belakang. Akibatnya dia lumpuh serta mengalami infeksi.

    “Sejak awal KDEI memonitor perkembangan kondisi Shinta dan terus menjajaki kemungkinan Shinta dipulangkan dan dilanjutkan perawatannya di Indonesia. Namun, dokter yang merawat di Rumah Sakit Pinghe Hsincu, Taipei, menilai hingga saat ini kondisi Shinta belum memungkinkan untuk diterbangkan,” ucap Dedi seperti dilansir CNN, Senin (19/11/2018).

    Dedi mengatakan hingga saat ini Shinta masih berada di rumah sakit. Dia menuturkan KDEI masih terus memonitor perkembangan dan akan mengurus kepulangan Shinta setelah tim dokter menerbitkan rekomendasi.

    “Shinta mulai dirawat di Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Pinghe Hsincu, Taipei, sejak 31 Desember 2014, hanya 9 bulan sejak mulai bekerja sebagai caregiver,” tutur Dedi.

    Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan WNI KDEI Taipei Fajar Nuradi menyatakan saat ini pihaknya tengah berupaya memastikan perusahaan pengirim memenuhi hak-hak Shinta. Sebab, menurutnya Shinta mengalami sakit dalam masa kontrak kerja.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img