spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci Diharapkan Kembangkan Ekonomi dan Budaya 

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Wali Kota Bandung, Oded M. Danial (Mang Oded) berharap keberadaan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci di kawasan Bandung Timur bisa menjaga perekonomian Kota Bandung. Tak hanya itu, keberadaan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci pun diyakini bisa melestarikan kebudayaan.
    Wali Kota bandung resmikan Kampung Wisata (Foto Ageng)
    Hal tersebut diungkapkan Mang Oded usai meresmikan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci yang berada di kaki Gunung Manglayang. Tepatnya di Keluarahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Di kawasan tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut dengan udara sejuk di bawah kaki gunung Manglayang.
    ” Tak hanya itu, ada pertunjukan dari anak-anak sekitar yang memainkan permainan tradisional. Pengunjung pun bisa sepuasnya berswafoto dengan latar belakang Kota Bandung. Alhamdullilah, saya senang tempat wisata di Kota Bandung bertambah dan akan menjaga ekonomi Kota Bandung. Permainan tradisional anak-anak pun bisa ditemukan di sini,” ujar Mang Oded.
    Dengan pakaian pangsi khas sunda lengkap dengan iketnya, Mang Oded menuturkan jika Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci menjadi jawaban bagi masyarakat Kecamatan Ujungberung dari Pemerintah (Pemkot) Kota Bandung yang selalu berupaya menyediakan tempat bermain untuk anak-anak. Bahkan selain tempat bermain, Mang Oded optimis jika keberadaan kampung ini bisa menjaga sekaligus mengembangkan budaya dan permainan tradisional yang ada di Kecamatan Ujungberung dan akan semakin menjadi kebanggaan Kota Bandung.
    “Melihat kondisi seperti ini, budaya dan permainan tradisional di Kecamatan Ujungberung akan menjadikan kebanggan Kota Bandung. Itu akan membuat Kota Bandung semakin juara,” tambahnya.
    “Untuk kesenian tradisional, Ujungberung sudah tidak diragukan lagi. Bisa dilihat, anak-anak kecil di sini sudah ikut mengikuti segala kegiatan tradisional dan permainan tradisional. Mereka sudah pandai dalam berkesenian, karena dilatih secara rutin oleh orang tuanya, sehingga kecintaan terhadap budaya tradisional semakin besar,” terangnya.
    Untuk itu, Mang Oded berpesan agara seluruh stakeholder di Ujungberung bisa menjaga Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci terutama kebersihannya yang mampu menarik para pengunjung datang. Selain itu, keberadaan kampung ini pun bisa digunakan untuk pelestarian budaya dan permainan tradisional bagi anak-anak.
    “Ingat, jaga selalu kelestarian dan kebersihan tempat ini. Upayakan pengunjung senang sehingga semakin banyak yang datang,” tegasnya.
    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img