spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Sediakan Wifi Gratis, Pemkot Cimahi Kucurkan Dana APBD

    CIMAHI, FOKUSJabar.id: Sediakan Wireless Fidelity (WiFi) gratis Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Pemerintah Kota Cimahi siapkan dana Rp935 ribu per titik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

    Kepala Bidang e-Goverment pada Diskominfoarpus Kota Cimahi Nana Suyatna mengatakan bahwa sejauh ini sudah ada delapan titik Wifi gratis di area publik yang dikelolanya. Area publik tersebut di antaranya Taman RA Kartini, Technopark Cimahi, dua titik di Alun-alun Cimahi, Taman Aspirasi dan di tiga kecamatan se-Kota Cimahi.

    “Untuk besaran bandwidth-nya 20 Mbps per second. Itu yang kita kelola mengenai wifi gratis,” ujar Nana saat ditemui di Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (30/10/2018).

    Selain itu, ada juga penyediaan wifi gratis di ruang rapat Wali Kota, Sekretaris Daerah, Aula Gedung A dan B, pelayanan serta pelayanan di Gedung C Pemkot Cimahi.

    Ke depan, lanjut Nana, layanan wifi gratis akan bertambah. Sebab, pihaknya mendapat bantuan dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat yang akan ditempatkan di dua titik.

    “Dari Diskominfo Jabar kita tempatkan di ruang pelayanan gedung C sama di Taman Sangkuriang,” terang Nana.

    Selain itu, pihaknya pun mendapat bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) sebanyak tiga titik.

    “Tahun ini kita pun dapat CSR itu untuk Puskemas tiga titik dan Taman Plaza Rakyat,” bebernya.

    Dengan adanya pelayanan wifi gratis ini, Nana mengakui ada tantangan seperti mengedukasi masyarakat agar wifi gratis itu dimanfaatkan untuk kegiatan positif.

    “Jangan sampai menggunakan wifi gratis untuk game, bikin hoax atau hal tak bermanfaat lainnya,” jelas dia.

    Untuk mengantisipasinya, pihaknya mendorong relawan TIK Kota Cimahi berperan aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang penggunaan internet gratis yang positif.

    (Achmad Nugraha/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img